Mohon tunggu...
Fransisco Laverna N.N
Fransisco Laverna N.N Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Mahasiswa Ilmu komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Memiliki minat dalam bidang Jurnalisme dan Broadcasting media penyiaran.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Apa Itu Internet? Bagaimana Awal Mula Internet?

30 Agustus 2022   16:56 Diperbarui: 30 Agustus 2022   17:02 321 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Apa itu Internet

Internet merupakan Jaringan komputer yang terhubung dengan sistem global yang berfungsi sebagai penghubung segala perangkat di seluruh dunia. 

Internet juga dikatakan sebagai jaringan yang berasal dari jaringan (network of network), yang terdiri dari jaringan privat, akademik, bisnis, publik, hingga pemerintah baik dalam skala lokal hingga global yang dihubungkan oleh berbagai teknologi elektronik, nirkabel serta jaringan optik (Widodo,2020) 

Interconnected networking atau yang biasa disingkat internet memiliki arti sebagai hubungan antar komputer dengan berbagai jenis yang membentuk sistem jaringan di seluruh dunia (jaringan komputer global), dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan sebagainya (Gani, 2018)

Internet diartikan sebagai jaringan komputer yang memiliki cakupan luas, jaringan komputer yang besar ini berasal dari banyaknya jaringan-jaringan yang memiliki keterkaitan antara satu sama lainnya (Oetomo, 2002)

Awal Mula Internet Ada

Perkembangan Internet dimulai pada tahun 1957 dengan adanya peluncuran Sputnik ke luar angkasa oleh USSR yang merupakan satelit artifisial pertama di dunia, yang kemudian diikuti oleh dibentuknya Advanced Research Projects Agency (APRA) oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebagai upaya dalam pengembangan di bidang sains dan teknologi (Widodo, 2020).

Advanced Research Project Agency Network atau yang biasa disingkat ARPANET merupakan cikal bakal internet yang mulai beroperasi pada tahun 1969. ARPA bertugas untuk meningkatkan kemampuan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh militer. 

Pada pertengahan tahun 1960-an puncak perang dingin, DoD ingin memiliki pengendalian jaringan yang mampu mempertahankan diri apabila terjadi perang nuklir. Jaringan telepon tradisional dianggap tidak aman karena jika salah satu jalurnya hilang, maka dapat membuat terhentinya segala percakapan yang menggunakan jaringan tersebut. 

Agar bisa mengatasi hal ini DoD mengubah arah risetnya dengan APRA yang bekerja sama dengan beberapa universitas. APRA memutuskan jaringan yang diperlukan oleh DoD berbentuk packet switching yang terdiri dari sebuah subnet serta komputer-komputer host (Sumargono, 2012).

Untuk bisa menghindari serangan nuklir Amerika Serikat menyewa Rand Corp agar membuat jaringan komputer yang mampu menahan serangan nuklir. Hingga pada proyek ARPANET yang berhasil menghubungkan empat universitas. ARPANET pada tahun 1970an makin berkembang dengan ditemukannya host serta koneksi yang mulai digunakan dan terhubung di kampus-kampus, bahkan ARPANET juga memiliki koneksi internasionalnya yang pertama (Widodo, 2020).

Namun pada tahun 1980 an, ARPANET mengalami kemunduran yang disebabkan adanya virus. Pada era ini pula didapatkannya BITNET dan dilakukan pengenalan terhadap DNS (Domain Name System) serta adanya TCP/IP.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan