Mohon tunggu...
Fransisca Julia Dwi
Fransisca Julia Dwi Mohon Tunggu... ilmu komunikasi 2018

semoga bermanfaat ya!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sejarah Perjalanan Program Pasca Sarjana UAJY Konferensi Pers Daring

28 Oktober 2020   13:16 Diperbarui: 28 Oktober 2020   15:30 134 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sejarah Perjalanan Program Pasca Sarjana UAJY Konferensi Pers Daring
free-apply.com

Yogyakarta 22 Oktober 2020, Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta menyelenggarakan Konferensi Pers Daring  yang dihadiri oleh mahasiswa/i program studi Ilmu Komunikasi pada salah satu mata kuliah Penulisan Naskah Digital tahun ajaran 2020/2021. Konferensi Pers yang diselenggarakan membahas tentang pengenalan program-program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Konferensi Pers Program Pascasarjana dipimpin oleh Bapak Yohanes Widodo S.Sos,M.Sc selaku dosen Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dihadiri juga oleh Bapak Dr.Ade Lisantono selaku Direktur Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta serta beberapa Kepala Program Studi Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Pembuka dilakukan oleh Bapak Dr.Ade Lisantono yang menjelaskan mengenai sejarah dari Program Pascasarjana yang pada awalnya bernama Program Magister Manajemen. Program Magister Manajemen pertama kali berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman, Yogyakarta bertempatan di Gedung Bank Lippo. Namun berhubung dengan adanya kenaikan jumlah mahasiswa/i  yang bergabung sehingga langkah yang diambil adalah dengan berpindah lokasi ke Jl.Babarsari, Yogyakarta yang bertempatan di Kampus III Gedung Bonaventura Atma Jaya Yogyakarta. Adapun Visi dan Misi, struktur, dan kerjasama pertukaran dosen dan mahasiswa internasional secara singkat dari program Pascasarjana yang tidak luput juga disampaikan oleh Bapak Dr.Ade Lisantono.

Program Magister Manajemen Universitas Atma Jaya Yogyakarta Tahun 1993 mengalami perubahan nama menjadi Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada Tahun 1997. Hal itu dikarenakan adanya perkembangan pada program baru lainnya yaitu Program Magister Teknik. Sehingga nama Program Magister Manajemen tidak lagi digunakan dan diubah menjadi Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang meliputi beberapa program  studi lainnya.

Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta mengalami perkembangan pada tahun 1999-2019 dengan membuka 7 Program Studi Monodisiplin untuk para calon mahasiswa/i yang memiliki keahlian dari latar belakang Program Studi yang sama yaitu:
1. Program Studi Magister Manajemen
2. Program Studi Magister Teknik Sipil
3. Program Studi Magister Ilmu Hukum
Program Studi Magister Teknik Informatika
Program Studi Magister Teknik Arsitektur
Program Studi Magister Ilmu Komunikasi
Program Studi Magister Teknik Industri
 
Tidak hanya itu Bapak Dr.Ade Lisantono juga mengatakan bahwa Universitas Atma Jaya Yogyakarta juga merencanakan Program Studi Multidisiplin. "Namun beberapa program tersebut masih memerlukan persetujuan dari Dirjen Dikti" tutur Ade. Pengenalan Program tersebut meliputi Prodi Kebencanaan, Prodi Infrastruktur, Prodi Kecerdasan Buatan, Prodi Pariwisata dan Prodi Ketahanan pangan yang melalui jalur monodisiplin. Monodisiplin diartikan bahwa Program Studi dapat dilakukan dengan gabungan keahlian dari Program Studi yang berbeda, seperti misalnya Program Studi Kebencanaan yang terhubung dengan Program Studi Arsitektur, Program Studi Informatika, Program Studi Komunikasi dan Program Studi lainnya yang menjadi pilihan mahasiswa/i dalam memperluas wawasan dan relasinya.

Konferensi Pers berlanjut yang diisi dengan pemberian materi lainnya yang disampaikan oleh Kepala Program Studi Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang menjadi akhir sebagai penutupan dari Konferensi Pers pada sore hari itu.

VIDEO PILIHAN