Istilah SEO dan SEM mungkin masih terasa asing jika didengar oleh sebagian orang. Apakah anda termasuk salah satunya?
Sebenarnya SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) keduanya merupakan sebuah Search Engine yang diartikan sebagai mesin pencari. Mesin pencari inilah yang menuntun kita dalam sebuah pencarian untuk menemukan informasi dan data yang diinginkan.
Nah informasi yang muncul pertama kali pada proses pencarian itulah adalah mereka yang menggunakan strategi SEO dan SEM. Namun strategi keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan loh jika diperhatikan lebih detail.Â
Tapi sebelum membahas perbedaan keduanya anda perlu tau lebih dulu apa sih pengertian dari SEO dan SEM?
Pengertian SEO dan SEM
Istilah SEO atau yang diartikan sebagai (Search Engine Optimization) adalah sebuah strategi dalam mengoptimalkan website untuk dapat muncul pada peringkat atas halaman utama pencarian dengan menggunakan keyword atau kata kunci tertentu.
Sedangkan istilah SEM atau (Search Engine Marketing) adalah strategi yang dilakukan pada marketing atau bisnis untuk mendapatkan target yang dituju.Â
Strategi SEM ini juga berkaitan dengan penggunaan strategi SEO yang ditambah dengan mencakup pencarian berbayar atau PPCÂ (Pay Per Click). Sehingga SEM adalah strategi dalam mengiklankan website dengan model berbayar agar dapat menempati peringkat atas pada mesin pencarian. Â
Namun dalam penerapannya, SEO sendiri terbagi menjadi dua metode yaitu:
Pertama, SEO On Page yaitu difokuskan pada internal website seperti memastikan penggunaan judul yang tepat, gambar, dan heading sesuai pada website yang berkaitan.Â
Kedua, SEO Off Page yaitu berada pada external website seperti menggunakan backlink. Backlink atau HTML digunakan untuk mereferensikan link atau tautan website external ataupun sebaliknya dalam memengaruhi kenaikan peringkat website.