Mohon tunggu...
Frans Leonardi
Frans Leonardi Mohon Tunggu... Freelace Writer

Sebagai seorang introvert, Saya menemukan kekuatan dan kreativitas dalam ketenangan. Menyukai waktu sendirian untuk merenung dan mengeksplorasi ide-ide baru, ia merasa nyaman di balik layar ketimbang di sorotan publik. seorang amatir penulis yang mau menyampaikan pesannya dengan cara yang tenang namun , menjembatani jarak antara pikiran dan perasaan. Salam dari saya Frans Leonardi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengulik Pengaruh Perkembangan Game dan E-Sport Terhadap Pendidikan

27 Februari 2025   11:29 Diperbarui: 27 Februari 2025   11:39 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi e-sport, pemain game profesional e-sport (Shutterstock/Gorodenkoff)

Beberapa dekade yang lalu, game hanyalah sebuah hiburan sederhana yang dimainkan di konsol atau komputer rumahan. Namun, siapa sangka bahwa industri ini berkembang begitu pesat hingga menciptakan fenomena global yang disebut e-sports? Kini, jutaan orang tidak hanya bermain game untuk kesenangan, tetapi juga menjadikannya sebagai profesi yang menjanjikan. E-sports bahkan telah diakui sebagai cabang olahraga resmi di berbagai kompetisi dunia.

Di tengah gegap gempita perkembangan ini, muncul sebuah perdebatan yang terus bergulir: apakah game dan e-sports memiliki pengaruh positif atau negatif terhadap pendidikan? Sebagian orang menganggap game dapat menjadi alat pembelajaran yang inovatif dan efektif, sementara yang lain melihatnya sebagai gangguan yang dapat menurunkan prestasi akademik. Untuk memahami lebih dalam, penting bagi kita untuk menelusuri bagaimana perkembangan game dan e-sports memengaruhi cara belajar, pola pikir, serta masa depan pendidikan secara keseluruhan.

Game dan E-Sports Revolusi Digital dalam Dunia Pendidikan

Tidak dapat disangkal bahwa dunia pendidikan mengalami transformasi besar-besaran sejak kehadiran teknologi digital. Metode pembelajaran tradisional yang hanya berfokus pada buku dan ceramah perlahan mulai bergeser ke arah yang lebih interaktif. Dalam konteks ini, game menawarkan cara belajar yang lebih dinamis, menggabungkan unsur hiburan dengan edukasi.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa game mampu meningkatkan berbagai aspek kognitif, termasuk daya ingat, pemecahan masalah, serta keterampilan berpikir kritis. Misalnya, sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Educational Psychology menemukan bahwa siswa yang bermain game edukatif secara teratur menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah dibandingkan dengan mereka yang hanya mengikuti metode pembelajaran konvensional.

Lebih jauh, beberapa game bahkan dirancang khusus untuk tujuan pendidikan. Contohnya, Minecraft: Education Edition digunakan di berbagai sekolah di dunia untuk mengajarkan konsep matematika, sains, hingga sejarah dengan cara yang lebih menarik. Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya menghafal teori, tetapi juga menerapkannya secara langsung dalam dunia virtual yang mereka eksplorasi.

E-sports, di sisi lain, bukan hanya sekadar kompetisi game semata. Banyak aspek dalam dunia e-sports yang sejatinya mencerminkan prinsip-prinsip pendidikan modern, seperti kerja sama tim, strategi, serta kemampuan mengambil keputusan dalam tekanan tinggi. Seorang atlet e-sports profesional harus memiliki disiplin, keuletan, dan keterampilan analitis yang baik---sama halnya dengan pelajar yang ingin sukses dalam studi akademiknya.

Ketergantungan vs. Keseimbangan

Meskipun game dan e-sports memiliki banyak manfaat, tidak bisa dipungkiri bahwa dampak negatifnya juga nyata. Salah satu kekhawatiran terbesar adalah kecanduan game yang dapat mengganggu aktivitas belajar. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan telah mengakui gaming disorder sebagai gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan hilangnya kontrol terhadap kebiasaan bermain game, sehingga mengorbankan aspek penting lainnya dalam kehidupan, termasuk pendidikan.

Dalam banyak kasus, siswa yang kecanduan game sering mengalami penurunan prestasi akademik karena mereka menghabiskan terlalu banyak waktu bermain dibandingkan belajar. Fenomena ini diperparah dengan meningkatnya akses terhadap game online, yang membuat siapa pun bisa bermain kapan saja dan di mana saja tanpa batasan waktu yang jelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun