Mohon tunggu...
Frans Simanjuntak
Frans Simanjuntak Mohon Tunggu... mahasiswa

Frans simanjuntak

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa Memberi Edukasi Mengenai Jenis-Jenis Kapal dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan

11 Agustus 2020   18:20 Diperbarui: 11 Agustus 2020   18:09 62 0 0 Mohon Tunggu...

Kota Semarang, Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, RT 4 / RW 4. Pelaksanaan KKN Undip Tim II 2020 sudah mulai dilaksanakan sejak tanggal 5 Juli 2020 dan akan sampai pada tanggal 15 Agustus 2020. KKN pada saat ini sangat berbeda dengan KKN yang dilaksanakan pada tahun sebelum-sebelumnya. KKN tahun ini disebut dengan KKN Pulang Kampung, yang dimana para mahasiswa  dituntut  untuk  melaksanakan  Tri  Dharma  Perguruan  Tinggi  di  domisilinya   atau dilokasi nya masing- masing pada saat pelaksanaan KKN. Hal ini terjadi dikarenakan oleh adanya wabah atau pandemic yang telah menyerang Negara Indonesia, yang mengharuskan setiap warga Indonesia waspada akan pandemic ini. Tim P2KKN  Undip  telah  berupaya  maksimal  dalam mengatur dan mengkoordinasikan setiap hal-hal yang berkaitan dengan  keberlangsungan  KKN, KKN pada tahun ini mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan  Berkelanjutan  (Sustainable  Development  Goals)." Mahasiswa diharuskan untuk melaksanakan 2 (dua) program kerja setiap individu nya dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat sesuai  dengan  disiplin  ilmu  masing- masing.  Frans Simanjuntak dari Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Perkapalan melaksanakan KKN di Semarang, Jawa Tengah.

Pada Minggu, 02 Agustus 2020, Frans Simanjuntak memberikan edukasi  mengenai  Jenis-Jenis Kapal dan pengaruhnya terhadap kehidupan. Saya rasa  kurangnya  pengetahuan  mengenai  bidang perkapalan membuat kondisi  tentang  perkapalan  sering  diabaikan.  Padahal  jika  melihat  kondisi dari bidang perkapalan, banyak hal yang dapat dipelajari dan harus diketahui, karena secara tidak langsung kapal mempunyai peran penting dalam kehidupan kita. Banyak  potensi  yang  dapat digali di bidang perkapalan, dan potensi tersebut dapat dikaji tentang prospek pembangunan wilayah maritime Indonesia.

Kegiatan sosialisasi ini di gelar di Aula Panti Asuhan Nurul Mursyid, Kelurahan Meteseh dan di hadiri oleh anak-anak panti sebanyak 30  orang. Ngadiono, S.Pd.I Selaku Ketua Panti Sosial Anak Nurul Mursyid menyampakan bahwa "terima kasih untuk mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro yang telah berkerja keras untuk menyelenggarakan kegiatan ini. 

Ini diharapkan akan menjadi hal yang bermanfaat bagi anak-anak panti asuhan, karena umumnya anak-anak masih belum memahami Jenis -- Jenis Kapal dan Pengaruh Kapal Terhadap Kehidupan sehingga anak -- anak panti asuhan mengetahui menganai Jenis -- Jenis Kapal dan Pengaruh Kapal Terhadap Kehidupan.

Pada saat proses pemberian edukasi, anak -- anak panti sosial ashuhan nurul mursyid sangat antusias dalam menerima edukasi mengenai perkapalan, lalu sangat pro aktif dalam menjawab pertanyaan yang  diberikaan  pada  saat sisi tanya jawab. Sangat diharapkan anak -- anak mendapat tambahannya wawasan dalam dunia perkapalan.

Harapannya setelah diadakan kegiatan sosialisasi ini adalah meningkatkan kesadaran anak -- anak panti asuhan mengenai pentingnya mengetahui Jenis -- Jenis Kapal dan Pengaruh Kapal Terhadap Kehidupan dan diharapkan juga dapat mengedukasi teman -- temannya sehingga  kesadaran mengenai Jenis -- Jenis Kapal dan Pengaruh Kapal Terhadap Kehidupan dapat meningkat.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Penulis : Frans Simanjuntak

Dibawah bimbingan : Romadhon, S. Pi., M.Biotech

VIDEO PILIHAN