Mohon tunggu...
Francis Lydia
Francis Lydia Mohon Tunggu... beyond journalistic.

Currently studying, soon to be journalist.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Gobehama, Mahasiswa KKN Undip Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Mengenai Sampah

18 Agustus 2019   01:59 Diperbarui: 18 Agustus 2019   02:27 0 0 0 Mohon Tunggu...
Gobehama, Mahasiswa KKN Undip Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Mengenai Sampah
foto arsip kegiatan

Kebersihan adalah sebagian dari iman.

Gondang, Pemalang - Seperti kutipan diatas, kebersihan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Desa Gondang merupakan salah satu desa di Kecamatan Taman dengan potensi ekonomi yang cukup baik. 

Sangat disayangkan, desa ini memiliki permasalahan sampah yang serius di Kabupaten Pemalang. Hal ini sendiri dikarenakan rendahnya tingkat kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kebersihan lingkungan untuk kesehatan dan juga kesejahteraan masyarakat. 

Melihat permasalahan mengenai sampah di Desa Gondang, 9 orang mahasiswa Tim II KKN UNDIP yang terdiri dari Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sains dan Matematika, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan serta Fakultas Psikologi menginisiasikan program bernama GOBEHAMA : Gondang Bersih, GOndang Sehat, Gondang Maju.

foto arsip kegiatan
foto arsip kegiatan
Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa sendiri adalah sosialisasi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang disampaikan oleh mahasiswi jurusan Kedokteran Umum dengan menjelaskan pentingnya kebersihan lingkungan terhadap kesehatan masyarakat dan juga cara mengelola sampah yang baik serta cara mencuci tangan yang benar. Selanjutnya adalah sosialisasi mengenai Sustainable Development Goals (SDGs)yang disampaikan oleh mahasiswi jurusan Hubungan Internasional. 

Dalam penyampaian materi, dijelaskan mengenai pentingnya peran masyarakat sebagai warga internasional untuk turut mendukung target SDGs yang universal. Terakhir, materi ditutup dengan materi mengenai  hukum mengenai lingkungan hidup yang disampaikan oleh mahasiswa Ilmu Hukum. Sosialisasi ini dihadiri oleh perangkat desa, kader kesehatan dusun dan Karang Taruna dengan total peserta 22 orang.

Adapun bentuk lain dari program ini adalah Kerja Bakti, dan pembuatan serta penempatan tempat sampah di wilayah Desa Gondang yang sebelumnya belum tersedia di sekitar jalan dan dusun. \Masyarakat sendiri cukup antusias dalam kegiatan kerja bakti yang diadakan di Lapangan Hijau Desa Gondang. Sebagai luaran dari program GOBEHAMA, para mahasiswa KKN UNDIP memberikan spanduk dan juga 5 pasang tempat sampah untuk diberikan kepada Desa Gondang. 

Program GOBEHAMA yang diadakan oleh mahasiswa KKN UNDIP ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Gondang, karena masih banyak masyarakat yang belum sadar mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan pembakaran sampah setiap hari, yang ternyata bisa menyebabkan kanker, ya. Harapannya sih, semoga materi yang disampaikan adik - adik bisa diterapkan oleh masyarakat secara menyeluruh.

-  Ibu Nunung, warga dusun III Desa Gondang