Mohon tunggu...
Fransiskus Nong Budi
Fransiskus Nong Budi Mohon Tunggu... Penulis - Franceisco Nonk

Budi merupakan seorang penulis dan pencinta Filsafat. Saat ini tinggal di Melbourne, Australia. Ia melakukan sejumlah riset di bidang Filsafat dan Teologi.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pacuan Kuda di Siena: Rayakan Masa Lalu, Tentukan Masa Depan

10 Mei 2024   20:12 Diperbarui: 10 Mei 2024   20:19 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kota Siena terbagi menjadi tujuh belas distrik sesuai dengan pembagian wilayah kota yang diresmikan pada tahun 1729 dari Bando di Violante di Baviera, Gubernur kota, yaitu: Aquila, Bruco, Chiocciola, Civetta, Drago, Giraffa, Istrice, Leocorno, Lupa, Nicchio, Oca, Onda, Pantera, Selva, Tartuca, Torre, Valdimontone.

Anda dapat menjadi bagian dari keluarga contrada berdasarkan keturunan sesuai dengan contrada orang tua atau karena lahir di distrik tersebut.

Sebagian besar Anggota Contrada yang penuh gairah memperkenalkan anak-anak mereka ke kehidupan distrik sejak awal; bayi "dibaptis" oleh prior. Ini bukan ritual keagamaan, tetapi hampir seperti inisiasi; Kebiasaan ini membuat memahami arti menjadi bagian dari sebuah distrik. 

Sejak usia dini, anggota Contrada mengenakan monture del Palio yang khas dengan perasaan bangga dan tradisi, mereka belajar memainkan drum dan memutar bendera. Kemah bahasa musim panas, pesta kecil diadakan pertunjukan teater, termasuk yang paling terkenal "Ondeon".

Setiap distrik adalah sebuah komunitas kecil, sebuah keluarga tetapi juga sebuah negara kecil yang didukung oleh sebuah "Seat", dari seorang "prior" dan dipimpin oleh seorang kapten. Hidup di distrik tetap tidak berubah selama sekitar 5 abad, sehingga menciptakan lebih banyak agregasi di antara orang-orangnya.


Setiap distrik memiliki markasnya sendiri di Gereja tempat berlangsungnya pembaptisan kuda di malam sebelum Palio. Palio membagi dan menyatukan, ketika distrik kalah, semua kalah begitu juga ketika dia menang. Harapan, antisipasi, dan kebanggaan distrik dan kehidupan yang mengelilingi acara kuno ini membuat Palio di Siena menjadi tradisi yang unik di dunia.

Palio of Siena adalah pacuan kuda berusia 500 tahun yang terkenal dengan kisah bahaya, emosi, dan gairah yang tak terkendali. Tapi itu juga alasan mengapa Siena menjadi salah satu tempat paling harmonis untuk ditinggali di seluruh Eropa. Semua berkat 17 "keluarga" yang bersaing---atau saling bertentangan---yang tradisinya telah terpecah belah dan sangat mempersatukan warganya selama berabad-abad.

Piazza del Campo yang indah pertama kali dibangun pada tahun 1359. Tapi ini bukan piazza Italia biasa. Ini adalah tempat kelahiran Palio. Setiap tahun---pada bulan Juli dan Agustus---tempat ini menjadi semacam mesin waktu ke masa lalu. Sebuah jalan tanah muncul di bawah kaki dan kerumunan orang berdatangan ke dalam untuk mengambil bagian dalam tradisi yang sudah ada sejak hampir 500 tahun yang lalu.

Contrade pertama terbentuk pada Abad Pertengahan sebagai perusahaan militer. Saat itu ada 59 contrade, namun yang tersisa hanya 17. Satu-satunya pertarungan yang mereka lakukan saat ini adalah Palio---di mana dua kali setiap tahun 10 peserta bersaing memperebutkan hadiah utama. Menghormati 17 Keluarga Siena.

Kehidupan di dalam contrada bukan hanya tentang kesetiaan atau persaingan. Ini juga tentang identitas. Setiap contrada memiliki simbolnya masing-masing, seperti Unicorn, Angsa, atau Naga (seperti terlihat di sini). Mereka menganut motto mereka sendiri, beribadah di gereja mereka sendiri, dan memiliki tradisi dan budaya mereka sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun