Mohon tunggu...
Suaviter
Suaviter Mohon Tunggu... Lainnya - Sedang dalam proses latihan menulis

Akun yang memuat refleksi, ide, dan opini sederhana. Terbiasa dengan ungkapan "sic fiat!"

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kiat (Saya) Agar Selamat dalam Perjalanan dengan Bus Umum

8 Desember 2021   09:46 Diperbarui: 8 Desember 2021   09:49 485
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar hipwee.com

Setiap orang pasti berbeda pendapat kalau ditanya soal pilihan transportasi untuk perjalanan panjang. Jawaban bisa berbeda tergantung pada kekuatan ekonomi, hobi, atau selera.

Bagi saya, perjalanan panjang lebih nikmat kalau dilakukan via darat, terutama bus umum. Mengapa? Karena, saya bisa lebih mengenal rute perjalanan, nyaman istirahat, dan bisa menikmati situasi tiap-tiap daerah yang dilalui.

Akan tetapi, kadang kala diri tidak siap, terutama jika ada berita tentang kecelakaan bus-bus umum di jalanan. Ada bus yang terjun ke jurang, laga kambing, atau tabrakan tunggal.

Padahal, setiap penumpang (termasuk saya) mengharapkan perjalanan yang nyaman hingga tiba di tempat tujuan dengan selamat.

Nah, di sini, saya mau berbagi kiat yang telah saya lakukan selama ini agar (lebih yakin) akan selamat di tempat tujuan dengan menggunakan bus umum.

1. Menggali informasi

Saya biasanya akan membaca testimoni penumpang di media sosial tentang beberapa bus yang melalui rute yang saya tuju. Kemudian, saya datang ke loket bus untuk mendapat perbandingan.

Pertama, saya mengamati keadaan fisik bus secara umum. Lalu saya akan bertanya-tanya ke petugas tentang keadaan bus dan supir-supir. Kalau sudah yakin, saya akan beli tiket. Kalau tidak, saya pilih jenis bus lain.

2. Berdoa

Sebelum melakukan perjalanan, tentunya saya mohon perlindungan dari Tuhan yang Maha Esa. Agar saya dan para penumpang selamat dan sang supir dituntun untuk cermat dan teliti dalam mengemudi.

3. Menyapa sang supir

Hal ini saya rasa amat perlu dilakukan baik sebelum melakukan perjalanan maupun saat singgah di tempat-tempat tertentu. Karena, dengan menyapa sang supir, saya menyampaikan harapan bahwa dia akan sangat hati-hati menjaga kepercayaan saya dan penumpang lainnya. Sang supir juga pasti merasa semangat dalam mengemudi, terutama dalam rute yang panjang.

4. Menjalin komunikasi

Selain dengan supir, komunikasi perlu dijalin di antara sesama penumpang. Dengan ini selain dapat menambah kenalan, saya juga mempercayakan keselamatan saya kepada sesama penumpang. Agar kalau terjadi sesuatu, kami dapat saling membantu.

5. Tetap positive thinking

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun