Mohon tunggu...
FERDIANSYAH NUGRAHA
FERDIANSYAH NUGRAHA Mohon Tunggu... Mahasiswa - tugas

tugas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menjadi Pendidik yang Kompeten

19 Mei 2022   00:04 Diperbarui: 19 Mei 2022   00:05 25 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidik adalah tenaga kependidikan yang ikut menyelenggarakan pendidikan dengan tugas khusus sebagai profesi guru. Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran di jalur pendidikan. Pendidik juga orang dewasa yang membimbing anak agar anak dapat menuju kedewasaan. 

Pendidik adalah orang yang bertanggung jawab atas terselenggaranya pendidikan dengan sasaran peserta didik. Siswa mengalami pendidikannya di tiga lingkungan, yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. 

Oleh karena itu yang bertanggung jawab terhadap pendidikan peserta didik di lingkungan keluarga adalah orang tua, di lingkungan sekolah adalah guru, di masyarakat adalah orang-orang yang terlibat dalam kegiatan pendidikan, seperti pengasuh anak yatim, pembimbing dalam kelompok bermain.

Dalam hal ini pedagogi menjadi profesi terhormat namun juga sulit mengingat di zaman seperti saat ini memaksa pendidik untuk mengikuti kemajuan zaman. Sehingga diperlukannya pendidik yang modern, memiliki keterampilan pedagogis profesional. 

Ketrampilan pedagogis adalah sifat yang menentukan kepribadian pendidik, seperti masa kecilnya, kebaikan, humanisme, kebaikan, profesionalisme, kecerdasan, dedikasi, kreativitas, pengetahuan, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan seorang pendidik ditugaskan untuk menciptakan manusia yang berkualitas melalui pendidikan untuk memajukan negara.

Menjadi Guru Pendidik

Jurnal ini menjelaskan bahwa Penelitian ini memberikan kontribusi untuk memahami tantangan yang dihadapi pendidik guru baru dalam membangun identitas profesional mereka di Perguruan Tinggi. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini memungkinkan para peneliti untuk menganalisis ketegangan dan konflik yang muncul untuk 28 pendidik guru dalam 3 tahun pertama bekerja di kursus Initial Teacher Education (ITE) di Inggris. 

Temuan penelitian menunjukkan bahwa, meskipun sebelumnya memiliki karir yang sukses dalam mengajar di sekolah, mayoritas dari mereka yang diwawancarai membutuhkan waktu antara 2 dan 3 tahun untuk membangun identitas profesional baru mereka. Artikel ini telah mengidentifikasi bahwa sebagian besar pendidik guru dalam kelompok sampel membutuhkan waktu antara 2 dan 3 tahun untuk menetapkan identitas profesional sebagai guru.

Keterampilan dan Kompetensi Profesional Pendidik Modern -- Pedagogik

Jurnal ini menjelaskan bahwa dalam jurnal ini berisi bahwa seorang guru-pendidik dapat menjadi orang yang kompeten hanya jika citra guru-guru modern terbentuk sepenuhnya. 

Mengajarkan siswa kualitas kreatif guru, seperti kebijaksanaan, kebijaksanaan, keterampilan berbicara, kebenaran berbicara, akurasi berbicara, logika berbicara, pidato yang jelas dan responsif. Pendekatan kreatif untuk aktivitas pedagogis menentukan kreativitas. Agar proses pendidikan menjadi lebih bermakna, pendidik juga harus aktif mempelajari, menggunakan, dan menerapkan sistem pendidikan di negara maju. Negara-negara maju memunculkan istilah-istilah seperti pendatang baru, tutor, penasihat, fasilitator, dan istilah-istilah ini berarti mentor, mentor, fasilitator, dan fasilitator (Rahimjanovna, 2019).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan