Mohon tunggu...
Fitriyani BrGinting
Fitriyani BrGinting Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia Universitas Samudra

Saya merupakan mahasiswa dari Universitas Samudra dengan prodi Pendidikan Kimia.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Modul Nusantara Mahasiswa PMM 2 Inbound Universitas Pendidikan Indonesia, Diskusi Seni Media Baru (Mapping)

3 Desember 2022   22:49 Diperbarui: 5 Desember 2022   16:09 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan salah satu program pemerintah baru dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka,ada satu kegiatan wajib yang akan diambil oleh setiap peserta PMM yaitu Modul Nusantara.Modnus terdiri atas 4 kegiatan yaitu Kebinekaan,Inspirasi,Refleksi,dan Kontribusi Sosial.

Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 di Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan kegiatan inspirasi Modul Nusantara pada 26 November  2022 yaitu Diskusi Seni Media Baru (Mapping) yang dilaksanakan di Gedung FPSD Universitas Pendidikan Indonesia.

Inspirasi kali ini bersama dengan tokoh muda yang bergelut di bidang seni.Beliau bernama Rudi Kurnia yang juga merupakan lulusan dari  prodi Pendidikan Seni Rupa Universitas Pendidikan Indonesia.Dia merupakan seorang dosen dan CEO UVISUAL. Nama UVISUAL merupakan plesetan dari UPI Visual yang awalnya merupakan komunitas seni mahasiswa.UVISUAL ini sudah menghasilkan banyak karya tidak hanya ditampilkan di Indonesia saja tapi sudah mengikuti ajang Internasional.

Saat kegiatan inspirasi ini dilaksanakan ditampilkan sebuah karya dari UVISUAL yang sangat menakjubkan.Melalui permainan visual mereka mampu "membakar" Villa Isola. Bangunan ini juga dibuat retak-retak hingga perlahan bangunan runtuh.Video tersebut menceritakan gambaran perjalanan Isola dari awal dibangun hingga sekarang yang bernama Bumi Siliwangi.

Dalam atraksi video mapping ini kami diajak mengingat pembngunan isola yang digambarkan dengan guratan garis yang menjadi sketsa dan konstruksi untuk menjadi sebuah bangunan.Mesin di hadirkan untuk menciptakan proses pembangunan Villa Isola yang menjadi ciri khas saat Charles Prosper Wolff Schoemaker dengan konsep artdeco.

Berikutnya ditampilkan lagu-lagu yang sendu dan permainan visual yang ditampilkan seolah membuat bangunan benar hidu. Hal inimenceritakan Sang pemilik bangunan yakni Dominique Willem Berrety yang tinggal di Villa Isola.Kehidupan Berrety yang identic menyindiri dan enggan bertemu banyak orang.Dan di salah satu bangunan juga terdapat sebuah kalimat dalam bahasa Italia M' Isolo E Vivo yang artinya "Saya mengasingkan dan saya bertahan".

Pada bagian berikutnya yakni menampilkan visual berlatar belakang perang.Karena,setelah meninggalnya Berrety bangunan Villa Isola dijadikan tempat pertahanan oleh para gerilyawan saat terjadi agresi militer bahkan saat terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api bangunan ini juga digunakan sebagai markas pertahanan.Berikutnya,mengadirkan gambaran mesin-mesin yang menandakan bahwa bangunan ini berubah kembali setalah hancur akibat dari perang.

Kemudian,menghadirkan Menteri Pegajaran dan Kebudayaan yakni Muhammad Yamin yang meresmikan perguruan tinggi pendidikan pada 20 Oktober 1954 yang sekarang UPI. Dan diakhir menampilkan sebuah pesawat yang mengibaratkan perjalanan mahasiswa yang menjadikan UPI sebagia loncatan dan bentuk bangunan Villa Isola juga seperti kapal Venezia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun