Mohon tunggu...
Fitri Widayanti
Fitri Widayanti Mohon Tunggu... Lainnya - -

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisa Sistem Pengendalian Manajemen PT PNM Mekaar

1 Juli 2022   20:16 Diperbarui: 1 Juli 2022   20:18 72 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menurut G.R Erry, sistem pengendalian manajemen ialah serangkaian proses penentuan, apa yang harus dicapai yaitu standar, apa yang sedang dilakukan yaitu pelaksanaan, menilai pelaksanaan dan apabila perlu melakukan perbaikan-perbaikan, sehingga pelaksanaan sesuai dengan rencana yaitu selaras dengan standar.

Konsep dasar sistem pengendalian manajemen meliputi sistem kendali manajemen, Elemen Sistem Pengendalian Manajemen dan Faktor Sistem Pengendalian Manajemen

Faktor-faktor yang mempengaruhi sistem manajemen adalah:

  1. Ukuran dan aplikasi perusahaan, perbedaan ukuran dan tingkat penyebaran perusahaan dapat menjadi faktor yang mempengaruhi sistem manajemen. Karena penerapannya di perusahaan besar berbeda dengan perusahaan kecil. Perbedaan ini akan menentukan kualitas dan kesalahan yang dimaksud.
  2. Sifat dan distribusi operasi, sifat dan distribusi yang tepat mempengaruhi sistem manajemen perusahaan untuk membuat strategi atau pengambilan keputusan.
  3. Jenis Pusat Tanggung Jawab, berbagai pusat tanggung jawab dalam sistem manajemen perusahaan yang berbeda. Ini untuk menentukan apakah kinerja pusat pertanggungjawaban harus didasarkan pada perkiraan biaya atau investasi, tergantung pada jenis pusat pertanggungjawaban.
  4. Struktur organisasi, delegasi dan desentralisasi. Struktur organisasi, delegasi dan desentralisasi ini sangat mempengaruhi rancangan sistem manajemen. Organisasi pengambilan keputusan dan pengawasan perusahaan. Sedangkan tingkat pendelegasian dan desentralisasi dalam suatu perusahaan harus disesuaikan dengan tantangan lingkungan yang terus berubah dan peluang yang mungkin ada.

Analisa terhadap PT PNM MEKAAR

PT Permodalan Nasional Madani atau biasa disingkat menjadi PNM, adalah anak usaha BRI yang berbisnis di bidang pembiayaan mikro. Untuk mendukung kegiatan bisnisnya, hingga tahun 2020, perusahaan ini memiliki 62 kantor cabang ULaMM, 626 kantor layanan ULaMM, dan 2.668 kantor cabang Mekaar.

PT. PNM (Persero) merupakan badan usaha milik negara yang didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah No.38/1999 pada tanggal 1 Juni 1999 dengan misi pemberdayaan usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi. Peraturan Pemerintah RI No 38 Tahun 1999 Bab II - Pasal 2, maksud dan tujuan PT. PNM (Persero) sebagaimana tertuang dalam pasal 1 yaitu untuk menyelenggarakan [19]:

  1. Jasa pembiayaan termasuk kredit program dan jasa manajemen untuk pengembangan usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi.
  2. Kegiatan usaha lainnya guna menunjang pelaksanaan kegiatan.

PT PNM (Persero) memiliki lima bidang usaha yang terdiri dari :

1.  Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM)

ULaMM merupakan program yang memberikan pelayanan pinjaman modal untuk usaha mikro dan kecil. ULaMM diluncurkan pada Agustus 2008 dan telah dilengkapi dengan pelatihan, jasa konsultasi, pendampingan, dan dukungan pengelolaan keuangan serta akses pasar bagi nasabah.

2.   Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar)

Mekaar merupakan layanan pinjaman modal bagi perempuan prasejahtera yang akan membuka UMKM. Program yang diusung pada tahun 2015 ini telah dilengkapi dengan pendampingan usaha secara berkelompok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan