Baik Jean piaget maupun lev vygotsky adalah tokoh penting dalam teori perkembangan kognitif, meskipun dengan perspektif yang berbeda.Â
1).Teori Jean piaget
     Jean piaget menekankan bahwa  perkembangan sosial erat kaitannya dengan perkembangan kognitif. Menurutnya anak melalui tahap-tahap perkembangan kognitif  yang memengaruhi cara mereka berinteraksi dengan orang lain.
  Bagi piaget, perkembangan sosial tidak hanya dipengaruhi oleh lingkungan, tetapi juga oleh kemampuan berpikir anak yang berkembang secara bertahap.Â
2).Teori lev vygotsky
      Lev vygotsky lebih menekankan peran lingkungan sosial dan budaya dalam perkembangan anak. Menurutnya interaksi dengan orang dewasa atau teman sebaya sangat penting untuk membentuk kognitif anak maupun kemampuan sosialnya.
>>Konsep utama vygotsky adalah:
  •Zona perkembangan proksimal
  •scaffolding (penopang): dukungan dari orang tua, guru, dan teman
•Bahasa sebagai alat sosial
Dengan demikian, perkembangan sosial menurut vygotsky sangat dipengaruhi oleh interaksi dan budaya disekitar anak.Â
>>Perbandingan piaget dan vygotsky
- Jean Piaget:menekankan bahwa perkembangan kognitif anak mendahului perkembangan sosial. Interaksi sosial terjadi setelah ana memiliki kemampuan kognitif.Â
- lev vygotsky:menyatakan bahwa perkembangan sosial justru menjadi dasar terbentuknya kemampuan berfikir anak.Â
Keduanya sama-sama penting, karena anak menumbuhkan kemampuan berfikir (piaget)Â sekaligus bimbingan dari interaksi sosial (vygotsky)Â untuk berkembang secara optimal.Â