Mohon tunggu...
Fitri Hermawati
Fitri Hermawati Mohon Tunggu... Mahasiswi

If you want to change different, start from your self

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mencintai Al Quran yang Mengandung Nilai-nilai Universal

8 Juli 2020   12:36 Diperbarui: 8 Juli 2020   14:26 119 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mencintai Al Quran yang Mengandung Nilai-nilai Universal
es-Ia.fecebook.com

Bismillahirrahmanirrahim...

Allhamdulillah pada kesempatan kali ini masih diberikan Nikmat Sehat Wal'afiat dalam menulis artikel dengan tema yang cukup menarik . Dimana sebelum kita lebih lanjut membacanya, kita perlu ketahui dahulu, Mengapa harus Mencintai Al-Qur'an ? Mencintai Al Qur'an adalah keharusan seluruh umat Muslim, karena Al Qur'an merupakan kalam Allah yang Haq (kebenaran) yang tidak diragukan lagi ayat-ayatnya. 

Al-Qur'an juga sebagai petunjuk atau pedoman hidup manusia. Ketika Al-Qur'an menyatakan bahwa kehadirannya sebagai petunjuk bagi manusia, tanpa membatasinya kepada etnis dan generasi tertentu, maka secara otomatis setiap ayat-ayatnya tidak pernah berhenti kepada satu makna. Orang yang mencintai Al-Qur'an dan Hadis, dia akan mengutamakan keduanya di atas yang lain. Ketika seseorang sudah mulai timbul rasa kecintaannya terhadap Al-Qur'an dan Hadis maka ia akan selalu membuatnya ingin mengetahui lebih dalam ajaran yang teradapat didalamnya.

Adapun dalilnya yang memerintahkan untuk kita mencintai Al-Qur'an dan Hadis terdapat pada (Q.S Ali Imran/3 : 31) 

Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Ayat tersebut menyebutkan bahwa orang yang mencintai Allah SWT, haruslah mengikuti Nabi Muhammad SAW, orang yang mencintai Allah berarti dia mencintai Al-Qur'an sebagai kalam-Nya. Diapun harus mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW sebagai penerima wahyu Al-Qur'an. Mengikuti Nabi Muhammad SAW sebagai penerima Wahyu Al-Qur'an. Mengikuti Nabi Muhammad SAW berarti menerima dan mencintai hadist sebagai ajaran beliau. Rasul pernah berpesan kepada umatnya agar senantiasa berpenggang pada Al-Qur'an dan Hadis dengan berpegang keduanya umat islam tidak akan tersesat baik di dunia dan Akhirat.

Al-Qur'an adalah warisan paling berharga yang Rasulullah tinggalkan untuk kita semua, Rasulullah SAW bersabda : 

"Aku tinggalkan kepadamu dua perkara kamu tidak akan tersesat selama kamu berpegang kepada keduanya, yaitu kitab Allah (Al-Qur'an dan Sunnah Nabinya (Hadis)". (H.R Malik dan Umar bin Khottab)

"Aku tinggalkan dua perkara untuk kalian. Kalian tidak akan tersesat selama-lamanya selama kalian mau berpegang teguh pada keduanya, yaitu Kitab Allah (Alquran) dan sunnah Rasul." (HR. Muslim).

Dalam hadis yang lain, Rasulullah juga menyampaikan bahwa Al-Qur'an di hari akhir kelak akan datang sebagai penolong bagi mereka yang mau berinteraksi dengan Al-Qur'an selama hidup di dunia. "Bacalah Alquran, karena Alquran kelak akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat (pertolongan) kepada orang yang membacanya." (HR. Muslim).

Manfaat Mencitai Al-Qur'an :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN