Mohon tunggu...
fitri febrianti
fitri febrianti Mohon Tunggu... Silahkan share jika bermanfaat

Bukan Penulis Sekedar menuangkan pikiran ke dalam tulisan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Nilai Anak Tak Memuaskan? Begini Sebaiknya Sikap Orangtua

18 Juni 2019   01:52 Diperbarui: 21 Juni 2019   05:39 702 1 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nilai Anak Tak Memuaskan? Begini Sebaiknya Sikap Orangtua
Ilustrasi nilai anak

Orang tua biasanya akan marah jika mendapati nilai anaknya tidak sesuai harapan atau bisa dibilang tidak memuaskan bagi orang tua. Terkadang ketika orang tua memarahi anak , orang tua tak sadar mengeluarkan kalimat-kalimat negatif yang akan mengakar dipikiran anak.  Apalagi jika membandingkan anak dengan anak yang lain, ini akan membuat mental anak semakin down. 

Psikolog anak Rosdiana Setyaningrum  dalam keterangannya di media online, selama ini orang tua cenderung kesal jika si anak tidak menyuguhkan nilai sempurna dalam ujian sekolah. Sikap orang tua yang kerap menyalahkan seperti itu dianggap Diana hanya akan membuat si anak tertekan dan bahkan depresi menghadapi ujian. Orang tua sebaiknya tidak memprioritaskan hasil dan menyalahkan anak karena nilai ujiannya tidak memuaskan.

Menurut Diana, orang tua idealnya tidak membiasakan anak memprioritaskan hasil, termasuk dalam ujian di sekolah. Jika diajarkan untuk berorientasi pada hasil, anak akan cenderung tertekan dan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan. Lebih baik, kata Diana, orang tua melatih anak untuk memperbaiki proses, dalam hal ini cara belajarnya.

Sebab, selain faktor kecerdasan intelektual, anak membutuhkan kondisi ideal agar sukses belajar. Kondisi ideal tersebut didapat anak jika orang tua membenamkan nilai positif pada mereka, yakni dengan memberi semangat, apresiasi, dan pendampingan yang tidak disertai tuntutan berlebihan. Jika si anak gagal, orang tua jangan keburu kesal.

"Kalau nilai ujian anak jelek, mungkin kesalahan bukan pada kemampuan si anak, tapi pada cara belajarnya," kata Diana. Karena itu, orang tua wajib melakukan evaluasi.

Berikut tips untuk para orang tua, jika hasil ujian si anak tak memuaskan:

1.  Beri Motivasi pada anak

Ketika mendapat nilai tak memuaskan sebenarnya bukan orang tua saja yang akan merasa tak senang tapi juga si anak itu sendiri. ketika anak sedang dalam kondisi seperti itu tak seharusnya orang tua malah membuat anak tertekan dengan menyalahkan anak. tetap beri semangat dan motivasi pada anak.

2. Tetap berikan apresiasi
Orang tua seharusnya tak pelit apresiasi, meski hasil ujian si anak tak sesuai dengan harapan mereka. Jika anak sebelumnya sudah berupaya tekun belajar, orang tua sebaiknya memberi pemakluman pada hasil ujiannya. 

Salah satu caranya adalah mengatakan pada si anak bahwa ia sudah berusaha keras. Karena itu, hasil ujian buruk bukanlah petaka. Namun, jika sebelumnya si anak malas-malasan, hasil ujian yang buruk harus digunakan orang tua sebagai bahan untuk memperbaiki proses belajar anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN