Mohon tunggu...
Fitri Ayu Saputri
Fitri Ayu Saputri Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2020

Mahasiswa Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Corona Bukan Penghalang Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Edukasi kepada Warga Kelurahan Kramas

4 Agustus 2021   17:45 Diperbarui: 4 Agustus 2021   17:49 41 0 0 Mohon Tunggu...

Ada yang menarik pada KKN tahun ini. Pandemi COVID-19 tidak menjadi penghalang bagi UNDIP untuk tetap melaksanakan program KKN dengan memberikan nuansa yang berbeda dari KKN reguler biasanya. Pelaksanaan KKN Tim II UNDIP 2021 mulai berlangsung sejak tanggal 30 Juni hingga 12 Agustus 2021 dengan mengusung tema tentang "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's)".

 Program KKN umumnya dilaksanakan oleh mahasiswa dengan terjun secara langsung ke lokasi yang telah ditentukan oleh LPPM Undip. Akan tetapi, pada kondisi ini kegiatan tersebut tidak bisa terlaksana mengingat bahaya dari COVID-19. Mahasiswa dituntut harus bisa berfikir kreatif untuk melaksanakan dua kegiatan yang dirancang menjadi bentuk program kerja yaitu tentang COVID-19 dan pemberdayaan masyarakat yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. 

Kondisi itulah yang akhirnya membuat mahasiswa KKN UNDIP tergerak untuk memberikan edukasi kepada warga di Kelurahan Kramas tepatnya di RW.02 terkait dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat selama pandemi COVID-19 dan aktif mensosialisasikan program keluarga berencana (KB) yang telah di kampanyekan oleh pemerintah. 

Kegiatan ini tentunya tidak lepas dari kerjasama dengan perangkat desa setempat dan didampingi juga oleh dosen pembimbing lapangan yang telah ditentukan. Adanya program KKN ini cukup mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat setempat. Masyarakat bahkan menyambut baik mahasiswa KKN dan menantikan dari program kerja yang dibawa oleh mahasiswa. Bentuk dari penyampaian program kerja menggunakan media sosial yaitu WhatsApp

Untuk mendukung keberjalanan program kerja, mahasiswa menggunakan media seperti power point, leaflet, dan poster agar dapat menarik minat warga dan tentunya membuat warga lebih mudah  memahami isi dari pesan yang ingin disampaikan. Selama program KKN ini berlangsung tentunya terdapat kendala seperti penyampaian program kerja tidak dapat dilaksanakan secara langsung sehingga esensi yang didapatkanpun berbeda.

 Selain itu, euforia dari kegiatan KKN dirasa jauh berbeda dibandingkan dengan KKN reguler biasanya. Kemungkinan hal ini dapat menurunkan semangat dari mahasiswa dalam menjalankan program KKN. Adanya program KKN Tim II UNDIP 2021 diharapkan dapat memberikan manfaat dan pembelajaran yang sangat berharga untuk kedepannya.

Penulis : Fitri Ayu Saputri (Fakultas Kedokteran/Ilmu Keperawatan)

Dosen Pembimbing : Mas Ut, S.Ag., M.Ag., MH

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN