Mohon tunggu...
dafit
dafit Mohon Tunggu... Freelancer - manusia

Hutan, gunung, sawah, lautan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Komunikasi dan Perubahan Sosial Masyarakat: Evolusi Pola Interaksi Manusia dalam Masyarakat Modern

3 April 2024   12:13 Diperbarui: 3 April 2024   12:28 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di tengah gemuruh teknologi dan transformasi digital, pola interaksi manusia dalam masyarakat modern mengalami perubahan yang mendalam. Komunikasi, sebagai inti dari interaksi manusia, memainkan peran sentral dalam membentuk dan mempengaruhi perubahan sosial.

Pertama-tama, media sosial telah merevolusi cara kita berinteraksi. Platform-platform ini menawarkan panggung global di mana individu dapat berbagi ide, pengalaman, dan pandangan mereka tanpa batasan geografis. Namun, dampaknya tidak hanya sebatas pada memperluas jangkauan komunikasi, tetapi juga dalam membentuk identitas sosial, menggali solidaritas, atau bahkan memicu gerakan sosial.

Selain itu, teknologi juga mempercepat laju komunikasi. Pesan yang sebelumnya membutuhkan waktu berhari-hari untuk sampai sekarang dapat dikirimkan dalam hitungan detik melalui email, pesan teks, atau platform obrolan. Ini telah mengubah dinamika organisasi sosial, membuatnya lebih fleksibel dan responsif terhadap perubahan.

Namun, sementara teknologi membawa manfaat besar, ia juga membawa tantangan. Lonjakan informasi yang tak terelakkan sering kali menyebabkan overload informasi dan pemisahan sosial yang lebih besar. Kurangnya interaksi langsung juga dapat mengurangi empati dan keterlibatan sosial.

Dalam masyarakat modern yang terus berubah, penting untuk memahami bahwa komunikasi bukanlah sekadar alat untuk pertukaran informasi, tetapi juga fondasi dari struktur sosial. Oleh karena itu, kita perlu secara kritis mengevaluasi bagaimana teknologi memengaruhi dinamika komunikasi kita, dan bagaimana kita dapat menggunakan alat-alat ini secara bijak untuk memperkuat, bukan merusak, inti kemanusiaan kita: interaksi manusia yang autentik dan berarti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun