Mohon tunggu...
PBI UMY
PBI UMY Mohon Tunggu... Administrasi - Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pendidikan Bahasa, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Accredited A BAN PT

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

37 Mahasiswa PBI UMY Mengikuti Magang Dunia Usaha dan Dunia Industri 2022

5 Oktober 2022   18:18 Diperbarui: 5 Oktober 2022   18:23 72 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelatihan mahasiswa sebelum pelaksanaan magang. Sumber:Pribadi

Meneruskan kisah sukses pada gelaran Magang Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) pada Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2021, Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PBI UMY) kembali membuka kesempatan yang sama pada seluruh mahasiswanya di tahun 2022 melalui PKKM tahap 2. Magang yang berorientasi pada memberikan mahasiswa kesempatan untuk merasakan dunia kerja secara nyata ini dibuka untuk semua mahasiswa minimal angkatan 2020 dengan beberapa tahapan selesksi oleh Tim PKKM PBI UMY 2022.

Setelah melewati proses pendaftaran dan seleksi, konsolidasi dengan mitra dan proses administrasi lainnya, terpilihlah 37 Mahasiswa PBI UMY sebagai peserta Magang DUDI 2022.  37 mahasiswa PBI UMY tersebut kemudian ditempatkan ke dalam tujuh mitra berbeda antara lain Kampung Inggris Borobudur, LTC UMY, STTKD Language Center, English Caf, CV. Davendra Edukasi Jaya (Discovery English), PT. Gemilang Media Wisatama (Travelxism) and PT. Wesclic Indonesia Neotech.

Salah satu Person in Charge (PIC) dalam kegiatan ini, Arifah Mardiningrum, S.Pd., MA., menuturkan bahwa pemilihan mitra pada magang DUDI 2022 ini berdasarkan beberapa pertimbangan yang salah satunya adalah kesediaan aktivitas dalam perusahaan yang dapat memenuhi capaian pembelajaran. Lebih lanjut ia menuturkan bahwa dengan pemilihan yang dilakukan oleh PBI UMY langsung, maka diharapkan luaran dari kegiatan ini akan bisa tercapai.

Sampai saat berita ini ditulis, 37 mahasiswa PBI UMY telah menjalani proses magang selama lebih dari satu bulan. Penerjunan yang dilakukan pada minggu ketiga bulan Agustus menandai perjalanan baru mereka sebagai mahasiswa yang berpengalaman di dalam dunia kerja dan mumpuni sebagai seorang pendidik.

Salah satu mahasiswa magang yang berkesempatan mencicipi magang di STTKD Language Center, Alwan Akbar, mengatakan bahwa program ini memberikannya kesempatan dan ilmu baru di luar kelas. Alwan mengatakan, "Saya senang sekali bisa mengikuti program ini. Saya jadi tahu bagaimana sebenarnya dunia kerja. Meskipun hanya magang, tapi saya merasa sangat terlibat dan sama pentingnya dengan yang bekerja disini". Di akhir ia juga berharap kepada mahasiswa PBI UMY lainnya untuk tidak melewatkan kesempatan yang sama jika program ini datang kembali.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan