Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu pendidikan Islam?, bagaimana hasil akhir dari pendidikan Islam? Dan apa ukuran yang menjadi acuan untuk menentukan mana yang pendidikan Islam dan Pendidikan bukan Islam?Â
Nah, Pendidikan Islam itu sendiri merupakan pendidikan yang memiliki tujuan untuk membentuk kepribadian muslim yang sempurna. Dimana pendidikan tersebut mengembangkan seluruh potensi yang ada pada diri manusia baik jasmani, rohani maupun akal. Tidak hanya itu, pendidikan Islam juga mengembangkan hubungan harmonis setiap pribadi manusia, baik manusia dengan Allah (vertikal), manusia dengan manusia (horizontal), ataupun manusia dengan alamnya (diagonal).Â
Ukuran yang menjadi acuan untuk menentukan mana yang pendidikan Islam dan pendidikan bukan Islam itu, bukan dilihat dari nama lembaga yang dipegangnya. Melainkan dari isi materi yang ada didalamnya serta pengimplementasian kegiatan tersebut dan hasil akhir dari suatu lembaga yang mencakup 3 aspek binaan (jasmani, rohani, ataupun akal). Jadi, misalkan suatu lembaga pendidikan isi materinya sudah benar menerapkan ketiga aspek tersebut dan sudah diimplementasikan, tetapi menghasilkan siswa yang tidak memiliki akhlak yg baik dan tidak memiliki ilmu yang bermanfaat, sama saja itu bukan termasuk kedalam pendidikan Islam. Karena, tidak mencerminkan hasil akhir dari pendidikan Islam yaitu menciptakan siswa yang memiliki akhlak baik dan ilmu yang bermanfaat.Â
Menurut saya pertanyaan mengenai "Apakah pesantren, madrasah ataupun sekolah islam terpadu sudah pasti termasuk kedalam pendidikan islam? Dan sekolah umum bukan termasuk kedalam pendidikan Islam?" Jawabannya adalah tidak.Â
Kenapa? Karena, Dari pengertian, hasil akhir ataupun ukuran yang menjadikan acuan untuk menilai mana yang pendidikan Islam dan pendidikan bukan Islam tersebut sudah jelas, bahwasannya tidak hanya pesantren, madrasah ataupun sekolah Islam terpadu yang termasuk kedalam pendidikan Islam, melainkan sekolah umum juga dapat termasuk kedalam pendidikan Islam apabila didalam sekolah tersebut sudah mengimplementasikan kegiatan yang dapat mengembangkan ketiga potensi yang ada pada diri setiap manusia (jasmani, rohani, dan akal) serta menghasilkan siswa yang memiliki kepribadian yang dalam segala kegiatannya selalu didasari oleh Al-Qur'an dan hadist atau sumber-sumber lain dalam Islam, seperti: berkata jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, saling menghormati dan menghargai serta masih banyak lagi.Â
Jadi, untuk menentukan mana yang termasuk kedalam pendidikan Islam dan pendidikan bukan Islam itu tidak hanya dilihat dari nama lembaganya saja melainkan dari isi materi yang ada didalamnya dan peng implementasian nya, serta hasil akhir yang dihasilkan dari suatu lembaga pendidikan tersebut.Â