Mohon tunggu...
Fitriana Rafi Dzakiyyah
Fitriana Rafi Dzakiyyah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN UNS Era COVID-19: Pemahaman dan Pencegahan COVID-19

8 Juli 2020   11:57 Diperbarui: 8 Juli 2020   11:52 5 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UNS Era COVID-19: Pemahaman dan Pencegahan COVID-19
20200614-133104-5f0546ba097f3623590b1e02.jpg

Pada 13 Juni 2020, Kebumen, telah dilaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret Era COVID-19 tepatnya di Desa Sidomukti RT3/1, Kecamatan Kuwarasan, Kebumen, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut merupakan program kerja Fitriana Rafi' Dzakiyyah selaku mahasiswa Universitas Sebelas Maret yang didampingi oleh Bapak Yayan Suherlan, S.Sn, M.Sn selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

            Kegiatan tersebut merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan KKN yang dimulai sejak tanggal 15 Mei 2020. Tujuannya yaitu membantu meningkatkan pemahaman masyarakat terkait apa itu COVID-19, bagaimana transmisi atau penularannya, dan bagaimana cara mencegahnya. Media yang digunakan yaitu berupa poster yang dicetak seukuran flyer yang kemudian dibagikan ke masyarakat. Poster tersebut diantaranya, yaitu Menjaga Sistem Imun, Mengapa Harus Menunda Mudik?, Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Anak Saat Pandemi?, Bagaimana Menggunakan Masker?, 6 Langkah Mencuci Tangan, Kenali Istilah Ini, Yuk!, dan New Normal Essential. 

            Pelaksanaannya bersamaan dengan pembagian bantuan sosial dari salah satu donatur yang juga dipantau melalui kerjasama dengan Ketuua RT setempat. Bingkisan dibagikan kepada 40 masyarakat dengan kriteria kurang mampu, berisi tiap-tiap poster, satu botol 60 ml hand sanitizer, dan masker kain. Selain membagikan, mahasiswa juga memberikan pelatihan cara-cara mencuci tangan dengan benar, membuat masker dengan kain, etika batuk, dan juga himbauan langkah-langkah menjaga kesehatan selama pandemi.

            Dari program tersebut diharapkan masyarakat sudah mulai memahami pentingnya menggunakan masker, mencuci tangan, maupun upaya-upaya perlindungan kesehatan diri supaya terhindar dari COVID-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x