Muda

Mendidik Penerus

11 Januari 2018   23:21 Diperbarui: 11 Januari 2018   23:23 512 0 0

Semua pasti setuju bahwasannya keluarga mempunyai peran penting dalam kesuksesan anaknnya, dan doa serta restu orang tua menjadi obat mujarab bagi segala hambatan jalan seorang anak.

Banyak yang menyadari bahwa menjadi seorang orangtua sangat sulit, kita dituntut belajar seumur hidup untuk posisi tersebut. Tidak ada pendidikan formal, namun banyak sekali materi dari buku dan media cetak lainnya yang menyajikan stepmenjadi orang tua yang baik.

Tak sampai disitu saja, menjadi orang tua yang baik ternyata kadang tak membuat anak merasa nyaman dengan mereka. Ada kondisi terkadang orang tua memberikan ruang yang tidak terlalu bebas pada anaknya. Namun disisi lain, keluarga dihadapkan dengan kondisi bahwa anak memang susah untuk diatur, sudah terlanjur terjun di lingkungan yang tidak baik dan hal negative lainnya.

Agama islam sendiri mengatur bagaimana kita sebagai orang tua dalam memposisikan anak kita dalam keluarga. Menurut hadits dari imam An Nasai dan Al-Hakim ada 3 fase mendidik anak yaitu tujua tahun pertama, membiarkan anak bermain, pada tujuh tahun kedua, didik dan bimbing anak kita sedangkan tujuh tahun berikut adalah fase dimana anak sudah dewasa sehingga orang tua bisa mnegajak anak berusyawarah dan menjalankan tugas.

Karena menjadi orang tua itu tak semudah  memberikan perintah, dengan kata lain berikan "posisi" mereka di saat yang tepat.