Mohon tunggu...
Fitriana Nurhalimah
Fitriana Nurhalimah Mohon Tunggu... Guru - GURU SD N 02 GAUM

Proses tidak akan menghianati hasil

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19

13 Juni 2021   14:00 Diperbarui: 13 Juni 2021   14:12 404
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pemerintah telah menghimbau kepada masyarakat seluruh Indonesia untuk tetap di rumah dan mengisolasi diri supaya lebih aman. Pemerintah Indonesia menerapkan PSBB yang merupakan kepanjangan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar yang dibuat dalam rangka Penanganan Covid-19. Hal ini dilakukan dengan harapan virus yang ada di Indonesia tidak menyebar lebih luas dan upaya penyembuhan dapat berjalan dengan maksimal. Dalam usaha pembatasan sosial ini pemerintah Indonesia telah membatasi semua kegiatan yang dilakukan diluar rumah seperti kegiatan pendidikan utamanya Sekolah Dasar yang telah dilakukan melalui pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi tertentu.

Sebagai seorang guru tidak hanya sekedar dalam memberikan ilmu pengetahuan pada peserta didik tetapi  juga harus bisa menjadi motivator didalam memberikan dorongan yang positif di dalam belajar untuk peserta didik. Terlebih di masa pandemi covid-19 seperti saat ini.  Peserta didik sangat membutuhkan penyemangat belajar selain dari orang tua maupun kerabat terdekat di rumah. Adanya perubahan kegiatan belajar yang dulunyaa dilaksanakan dengan tatap muka langsung lalu berubah menjadi pembelajaran daring lewat tatap maya sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi para guru di Indonesia utamanya Sekolah Dasar.

Pada pembelajaran daring peserta didik kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang sangat membosankan. Peserta dididk yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar yang telah dilaksanakan. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk menggerakkan peserta didik supaya menjadi lebih  semangat belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar yang lebih baik.

Strategi meningkatkan Motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran daring dapat ditingkatkan di dalam memanfaatkan penggunaan media yang menarik, sehingga akan membuat peserta didik tertarik kepada pembelajaran yang disajikan oleh guru. Sehingga guru dapat membuat atau menggunakan media animasi untuk mendukung pembelajaran daring utamanya Sekolah Dasar. Misalnya guru bisa membuat dan menggunakan media animasi yang sangat menarik untuk mendukung proses pembelajaran yaitu di dalam proses penyampaian materi pelajaran utamnaya materi tematik yang bersifat abstrak kemudian bisa lebih konkret sehingga dapat lebih mudah dimengerti. Media animasi yang digunakan dalam pembelajaran daring misalnya dapat menggunakan powerpoint yang menarik, membuat bagan yang menarik, membuat poster, atau membuat animasi video.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun