Mohon tunggu...
Ekonomi

Komitmen Menabung untuk Membeli Rumah ala Generasi Milenial

28 Februari 2019   23:59 Diperbarui: 1 Maret 2019   00:54 19 0 0 Mohon Tunggu...

Bank (pengucapan bang) adalah sebuah tempat dimana uang disimpan dan dipinjamkan. Menurut Undang-Undang Negara REpublik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tanggal 10 November 1998, tentang Perbankan, yang dimaksud dengan bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman atau kredit dan juga bentuk-bentuk lainnya. Dari pengertian tersebut dapat dijelaskan secara lebih luas bahwa bank merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan.

Fungsi utama bank adalah menyediakan jasa menyangkut penyimpanan dan perluasan kredit. Bank adalah institusi yang memegang lisensi bank. Lisensi bank diberikan otoriter supervisi keuangan dari memberikan hak untuk melakukan jasa perbankan dasar, seperti menerima tabungan dan memberikan pinjaman. Kata bank berasal dari bahasa Italia banca atau uang.

Biasanya bank menghasilkan untung dari biaya transaksi atas jasa yang diberikan dan bunga dari pinjaman. Evolusi bank berawal dari awal tulisan dan berlanjut sampai sekarang. Sama halnya dengan Bank Tabungan Negara (BTN). BTN sudah lama beroperasi di Indonesia, tepatnya pada tahun 1897 dengan didirikannya paspaar bank di Batavia dan kemudian dibekukan dan kemudian diambil alih oleh pemerintah pasca kemerdekaan Indonesia dan namanya diubah menjadi Bank Tabungan Pos pada tahun 1950.

Nama yang dikenal sekarang dengan nama Bank Tabungan Negara (BTN), secara resmi mulai diberlakukan mulai tahun 1963 dan selanjutnya sejak tahun 2002 bank ini ditunjuk sebagai bank komersil yang berfokus pada pembiayaan rumah komersil. 69 tahun BTN juga tetap memberikan produk dan layanan perbankan lainnya seperti layanan konsumer dan komersil, Perbankan syariah, dan juga layanan treasury serta asset management. Bank BTN yang mempunyai visi menjadi bank yang terkemuka dalam pembiayaan.

Dan juga misi sebagai berikut: A.Memberikan pelayanan unggul dalam pembiayaan perumahandan industri terkait, pembiayaan industri dan usaha kecil menengah. B.Meningkatkan keunggulan kompetitif melalui inovasi pengembangan produk, jasa dan jaringan strategis berbasis teknologi terkini. C.Menyiapkan dan mengembangkan Human Capital yang berkualitas, professional dan memiliki integritas tinggi. D.Melaksanakan menajemen perbankan yang sesuai dengan prinsip kehati-hatian dan good corporate governance untuk meningkatkan Shareholder Value E.Mempedulikan kepentingan masyarakat dan lingkungannya.

Selain itu Bank BTN juga memiliki pola prima yaitu, 1.Pelayanan Prima (Service Exellence) 2.Inovasi (Innovation) 3.Keteladanan (Role Model) 4.Profesionalisme (Professionalism) 5.Integritas (integrity) 6.Kerjasama (Team Work) Bank BTN mempunyai produk-produk tabungan andalannya, yaitu a)Tabunagn batara Tabungan batara adlah tabungan multiguna yang aman untuk dana dengan berbagai kemudahan yang terus meningkat.

Manfaat dari tabungan batara ini antara lain dapat digunakan sebagai salah satu persyaratan kredit, mendapat kartu ATM Batara, secara otomatis dilindungi asuransi jiwa bebas premi, mempunyai kesempatan mengikuti program undian berhadiah, dan juga dapat melakukan pembayaran tagihan angsuran KPR, Telkom PLN, melalui fasilitas ATM, SMS BAtara dan Autodebet. b)Kartu Atm Batara Kartu ATM Batara merupakan fasilitas layanan kartu bagi nasabah Tabungan dan Giro (Rp-Perorangan) di Bank BTN yang memberikan kemudahan bagi nasabah dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan transaksi melalui mesin ATM.

Manfaat dari kartu ATM Batara ini antara lain melakukan transaksi, melakukan pembayaran, pembelian voucher, cek mutasi 5 transaksi terakhir, dan masih banyak lagi. c)Tabungan e'Batarapos Tabungan e'Batarapos merupakan peremajaan dari produk Tabanas Batara. Diselenggarakan bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia (Persero) melalui loket kantor Posyang telah ditentukan. d)Tabunganku Tabunganku adalah tabungan untuk perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan, guna menumbuhkan budaya menabung untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Manfaat dan keunggulan tabunganku antara lain bebas biaya adminstrasi bulanan, setoran awal ringan, bunga harian dan mendapat kartu ATM. e)Batara Junior Selain itu bank berlogo warna biru ini dikenal sebgai bank milik Negara yang fokus dengan kredit KPR. KPR merupakan singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah. Sistemnya adalah bank akan membayarkan terlebih dahulu rumah yang akan dibeli oleh konsumen.

Lalu kenapa harus KPR BTN? KPR BTN memiliki beberapa keunggulan dibandingkan KPR lainnya, yaitu 1)Jaringan yang Las Keunggulan dari KPR BTN ini adalah memiliki jaringan terluas karena sudah bekerjasama dengan banyak rekan kerja developer sehingga memudahkan konsumen dalam mencari rumah idaman yang cocok. Jaringan KPR BTN ini telah tersebar ke seluruh cabang Bank BTN yang ada di wilayah Indonesia. 2)Uang Muka Ringan Uang muka yang disyaratkan KPR BTN mulai dari 1% saja. 3)Bunga PInjaman Rendah Bunga pinjaman yang diberikan KPR BTN juga relative rendah. 4)Tenor Pinjaman Lama Pinjaman KPR BTN menyediakan pilihan masa tenor hingga 25 tahun lamanya. 5)Bisa langsung di tempati Ketika pengajuan KPR BTN sudah disetujui, maka bisa langsung ditempati.

Salah satu produk yang akan diluncurkan oleh BTN adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) khusus generasi milenial. Pada era globalisasi saat ini, ekonomi pun ikut berkembang seiring perkembangan zaman, masyarakat pun semakin pintar dan menuntut atas perkembangan ekonomi oleh sebab itu bank pun diwajibkan untuk menyesuaikan dan menjawab kebutuhan serta tuntutan masyarakat untuk lebih baik lagi, untuk lebih berkembang kearah lebih ke depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN