Mohon tunggu...
Fitri Merdinasari
Fitri Merdinasari Mohon Tunggu... -

Kegagalan adalah suatu keberhasilan yang tertunda

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Menjadi Guru TK Itu Harus Kreatif

23 November 2020   15:45 Diperbarui: 23 November 2020   16:02 50 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjadi Guru TK Itu Harus Kreatif
dok. pribadi

Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan murid secara bersama. Dalam kegiatan belajar mengajar terdapat beberapa aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran yang dilakukan. Aspek-aspek tersebut meliputi, metode penyampaian guru dalam memberikan pelajaran, materi yang di sampaikan, kejelasan materi, dan cara komunikasi guru dengan murid. 

Selain aspek-aspek tersebut, suasana kelas juga menjadi faktor pendukung dalam kegiatan belajar mengajar. Suasana kelas yang nyaman, bersih, dan kondusif membuat anak merasa tenang untuk belajar didalam ruangan. 

Suasana kelas yang mendukung untuk kegiatan belajar, akan mempermudah guru untuk membangun suasana yang akrab dengan murid. Kelas yang berantakan, gelap, dan terkesan kumuh, akan membuat anak tidak nyaman berada di dalam ruang kelas. 

Apabila ruangan untuk kegiatan belajar mengajar sudah membuat anak merasa tidak nyaman berada di dalamnya, bagaimana kegiataan belajar dapat terasa menyenangkan bagi anak. 

Oleh karena itu, seorang guru harus dapat memberikan ruangan kelas yang nyaman dan mendukung untuk kegiatan belajar mengajar. Hal ini agar anak merasa nyaman belajar, jika anak sudah merasa nyaman dengan ruang kelas anak akan lebih fokus saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Dengan demikian tujuan dari kegiatan belajara mengajar dapat terlaksanakan dengan baik.

Membuat ruang kelas yang nyaman untuk anak seorang guru dapat melakukan beberapa hal berikut ini, pastikan ruang kelas terjaga kebersihannya, pencahayaan dan sirkulasi ruang kelas yang bagus, serta penataan yang tepat agar ruang gerak anak tidak terbatas. 

Selain hal-hal tersebut, guru juga bisa mendekor ruang kelas agar terlihat lebih indah, bertema, dan menambah pengatahuan anak, serta mendukung kegiatan belajar mengajar. 

Guru dapat memberikan nuansa tema kebun binatang atau luar angkasa di dalam ruang kelas, dengan mendekor dinding kelas dengan gambar-gambar hewan seperti kebun binatang atau gambar-gambar planet seperti diluar angkasa. 

Guru dapat menggunakan cat warna untuk menggambar di dinding atau bisa menggunakan wallpaper dinding untuk menghias dinding kelas agar lebih menarik. 

Kemudian guru juga bisa memberikan hiasan yang bisa untuk anak belajar seperti, gambar angka, huruf, nama-nama hari, atu gambar gambar lainnya. Guru juga bisa menghias jendela dengan menggunakan bola-bola yang dironcai menjadi tirai. Dekorasi di dalam kelas yang menarik akan membuat anak merasa nyaman dan dapat mengeksplor dirinya.

dok. pribadi
dok. pribadi
Mendekor ruang kelas bukanlah hal yang mudah, guru juga harus mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalam tema atau dekorasi yang dibuat. Selain membuat ruangan terlihat indah dan nyaman, dekorasi yang dibuat juga harus bermakna, memiliki unsur mendidik, dan membantu prose belajar mengajar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x