Mohon tunggu...
Fitra itaita
Fitra itaita Mohon Tunggu... Animator - Stambuk F 551 19 013

Universitas tadulako

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Teknologi dan Mahasiswa

9 Oktober 2019   13:34 Diperbarui: 9 Oktober 2019   15:16 238 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Teknologi terus berkembang pesat dari yang sederhana hingga yang rumit. Teknologi hadir untuk memudahkan manusia, tetapi kita harus cermati dengan baik karena teknologi tak selalunya memudahkan. Teknologi memiliki dua dampak yaitu positif dan negatif inilah yang harus kita cermati karena terdapat dua sisi, baik dan buruk tergantung bagaimana cara kita menggunakannya dengan sebaik mungkin.

Mahasiswa adalah intelektual muda atau agen perubahan bagi masyarakat. Mahasiswa sangat berperan penting terhadap perkembangan teknologi karena mahasiswa rata- rata memiliki account internet seperti facebook, yahoo, instagram, mail dsb.Mahasiswa dapat dikatakan sebuah komunitas unik yang berada di masyarakat, dengan kesempatan dan kelebihan yang dimilikinya, mahasiswa mampu berada sedikit di atas masyarakat. Mahasiswa juga belum tercekcoki oleh kepentingan-kepentingan suatu golongan, ormas, parpol, dsb. Sehingga mahasiswa dapat dikatakan (seharusnya) memiliki idealisme. Idealisme adalah suatu kebenaran yang diyakini murni dari pribadi seseorang dan tidak dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal yang dapat menggeser makna kebenaran tersebut.

Seperti disebutkan di atas, mahasiswa banyak menggunakan jejaring sosial sebagai tempat mereka bersosialisasi. Apakah itu bisa dikatakan sebagai mahasiswa? Atau hanya orang awam biasa?  Saya rasa, perlu ada pendefinisian ulang mengenai mahasiswa dan kaitannya dengan teknologi termasuk internet.  Apa itu mahasiswa? Apa itu teknologi? Dan apa itu mahasiswa yang berteknologi?   Apa bedanya mahasiswa yang berteknologi dengan orang awam yang berteknologi? Pembatasan itu harus diperjelas sehingga dapat terlihat perbedaannya dengan jelas.

Bangsa ini akan terus terpuruk ketika hal yang mendasar, pendidikan sulit diakses oleh rakyat, kualitas pendidikan (sarana dan prasarana) yang timpang dan umumnya masih rendah, dan mahasiswa tidak menempatkan dirinya sebagai agen perubahan masyarakat yang independen.

Jadi, saya mengajak kepada mahasiswa Indonesia, mari kita gunakan teknologi internet sebagai tempat kita berbagi ilmu dengan masyarakat. Inilah salah satu jalan dari sekian banyak jalan untuk mencerdaskan masyarakat yang bisa dilakukan oleh mahasiswa.

Ayo kita menjadi mahasiswa yang berteknologi! (Ti19Palu)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan