Mohon tunggu...
Fita Nur Evitasari
Fita Nur Evitasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Betapa Pentingnya Pendidikan bagi Manusia

27 Oktober 2022   22:15 Diperbarui: 27 Oktober 2022   22:35 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manusia adalah makhluk yang paling sempurna diantara semua makhluk yang diciptakan allah swt. manusia diberikan akal pikiran dan hawa nafsu yang mana saling berkaitan satu sama lain untuk memperoleh kehidupan yang stabil dan terarah. 

Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dan tidak bisa hidup sendiri, artinya manusia perlu bersosialisasi berbaur dengan masyarakat lain untuk bertukar ide dan gagasan guna memajukan serta mensejahterakan kehidupan dimasa depan. 

Maka dari itu, disinilah peran penting pendidikan untuk mengatur manusia dalam aspek kehidupannya. Pentingnya pendidikan bagi manusia sebagai makhluk sosial sudah menjadi hakikat sejak manusia lahir, karena untuk berinteraksi dengan manusia lain dibutuhkan kecerdasan pikiran dan emosional. Selain itu, manusia juga harus berpengetahuan guna menciptakan suatu generasi baru yang lebih baik.

Pendidikan sangatlah penting dan berpengaruh pada kehidupan manusia, Rasulullah pun bersabda barang siapa yang menghendaki kebaikan didunia maka dengan ilmu. Barang siapa menghendaki kebaikan diakhirat maka dengan ilmu. 

Barang siapa yang menghendaki keduanya maka dengan ilmu. (H.R Bukhori dan Muslim). Dari pendapat tersebut, menunjukkan bahwa pendidikan salah satu modal utama untuk mencapai banyak hal, dengan diiringi niat dan hati yang lurus.

Pendapat lain mengenai pentingnya pendidikan juga datang dari bapak pendidikan nasional, yaitu Ki Hajar Dewantara yang mana menjadi salah satu tokoh panutan pada dunia pendidikan di Indonesia. Menurutnya, pendidikan merupakan suatu tuntunan hidup seseorang. 

Dimana tuntunan inilah yang harus diajarkan sejak seseorang masih anak-anak. Pendidikanlah yang sebenarnya menuntun menemukan kekuatan kodrat masing-masing diri seseorang itu sendiri.

Pendidikan begitu penting bagi kehidupan manusia ketika manusia tersebut dapat berinteraksi dengan manusia yang lain. dengan adanya pendidikan maka manusia dapat mempunyai pengetahuan, kemampuan,dan sumber daya manusia yang tinggiuntuk dapat dijadikan modal berharga yang mereka miliki untuk tetap hidup dizaman yang semakin sulit ini

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun