Mohon tunggu...
Fita Khoiroh
Fita Khoiroh Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura

lahir di Kabupaten Jombang pada tanggal 17 September 1997. saat ini, saya masih Menempuh kuliah strata 1 di Universitas Trunojoyo Madura, Program studi Ekonomi Pembangunan.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Kreativitas Kelompok KKN 29UTM, Ciptakan Empat Produk Unggulan Berbahan Dasar Tempe dan Sawo

16 Juli 2019   16:25 Diperbarui: 16 Juli 2019   16:34 0 0 0 Mohon Tunggu...
Kreativitas Kelompok KKN 29UTM, Ciptakan Empat Produk Unggulan Berbahan Dasar Tempe dan Sawo
Empat produk unggulan oleh Kelompok KKN 29 UTM | dokpri

Proses pembuatan produk unggulan di depan ibu-ibu PKK | dokpri
Proses pembuatan produk unggulan di depan ibu-ibu PKK | dokpri
Senin, 15 juli 2019 kelompok KKN 29 UTM mengadakan pameran produk unggulan. Pameran ini dilakukan dengan praktek secara langsung di depan para ibu PKK desa Patereman,Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan. Proses pelaksanaan kegiatan yaitu dengan membuat produk unggulan secara langsung atau mendemokan proses pembuatan produk unggulan. Pameran produk unggulan dilakukan mulai pukul 14.00 WIB hingga selesai. Pelaksanaannya dilakukan di rumah bapak kepala desa Patereman.

Berbeda dengan produk yang dihasilkan oleh kelompok-kelompok sebelumnya, Produk unggulan yang dibuat oleh kelompok KKN 29 UTM berjumlah empat produk unggulan sekaligus. Keempat produk tersebut berbahan dasar dari tempe dan buah sawo. Hal ini dikarenakan dua bahan dasar tersebut merupakan potensi yang dimiliki oleh desa Patereman. Empat produk unggulan yang ditawarkan oleh kelompok KKN 29 UTM diantaranya yaitu :

  • Nugget Tempe (NUTTELA)

Produk Unggulan Nugget Tempe | dokpri
Produk Unggulan Nugget Tempe | dokpri
Nugget merupakan sejenis makanan yang bisa dikatakan sangat banyak peminatnya. Tidak hanya dari kalangan orang tua, nugget justru menjadi makanan yang digemari oleh anak-anak pada umumnya.Sering kali, nuget dijadikan sebagai cemilan atau teman makan yang bisa dipadukan dengan saos. Kita tau bahwa nugget lebih sering dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging sapi, daging ayam atau berasal dari ikan. Hal ini berbeda dengan nugget yang satu ini.

Kelompok KKN 29 UTM membuat inovasi baru terkait dengan pembuatan nugget. Oleh kelompok KKN 29 UTM, Nugget dibuat dengan menggunakan bahan dasar tempe. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya? Tentunya tidak kalah enak dengan nugget yang berasal dari daging sapi,daging ayam atau ikan. Melihat potensi yang dimiliki oleh desa Patereman salah satunya adalah banyaknya industri rumahan yang memproduksi tempe, maka kelompok KKN 29 menemukan ide untuk mengolah tempe menjadi makanan yang lebih menarik dan digemari oleh semua kalangan. Makanan tersebut adalah Nugget tempe. Tujuan dari pengolahan tempe menjadi nugget yaitu untuk menambah nilai jual dari produksi tempe, yang awalnya tempe setelah diproduksi langsung dipasarkan tanpa adanya pengolahan terlebih dahulu sehingga harga jual tempe juga relatif lebih murah dibandingkan setelah adanya pengolahan.

Proses pembuatan nugget tempe oleh kelompok 29 KKN UTM, dilakukan pada malam harinya sebelum acara pameran dilakukan. Meskipun demikian, pada saat mempraktekkan di depan ibu-ibu PKK dilakukan secara langsung terkait proses dari awal hingga akhir. Produk unggulan yang berhasil dibuat oleh kelompok 29 KKN UTM berupa nugget tempe telah melalui beberapa percobaan. Awalya memang masih gagal. Kendalanya yaitu sifat asli tempe yang merupakan hasil fermentasi sehingga mudah untuk berganti warna,rasa dan aroma sehingga hal ini membuat produk unggulan nugget tidak bisa bertahan lama. Namun, setelah beberapa kali percobaan akhirnya, proses pembuatan nugget dikatakan berhasil. Kelompok 29 KKN UTM telah menentukan takaran yang sesuai sehingga kendala seperti tidak bertahan lama produk bisa teratasi. Produk unggulan nugget tempe jika disimpan di lemari pendingin bisa bertahan kurang lebih 1 minggu.  Kelompok KKN 29 UTM memberi merk dari nuget tempe dengan nama ''NUTTELA''. ''NUTTELA'' sendiri singkatan dari nugget tempe lezat.

Produk Unggulan Berasal dari sawo | dokpri
Produk Unggulan Berasal dari sawo | dokpri
  • Sirup Sawo

Sawo merupakan buah yang sering ditanam dan dijumpai di wilayah tropis seperti Negara Indonesia, salah satunya di desa Patereman yang letaknya di Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan. Karakteristik dari buah sawo adalah rasanya yang cenderung manis, serta tekstur daging buah yang lembut, dan kulit buah yang pada umumnya berwarna coklat. Pada umumnya, buah sawo ketika sudah masak hanya sekedar dikonsumsi buahnya, dan pada saat panen sawo tiba, buah sawo tersebut hanya dijual kepada tengkulak ataupun dikonsumsi sendiri oleh warga masyarakat. Semakin banyak jumlah sawo yang dijual maka harga sawo akan semakin murah ketika tidak diiringi dengan jumlah permintaan terhadap buah sawo. Dengan adanya hal tersebut, maka perlu adanya pengolahan lebih lanjut dari buah sawo. Dibutuhkan suatu inovasi produk agar buah sawo tersebut tidak kalah dengan buah lokal lainnya. Bagaimana jadinya ketika buah sawo tersebut diolah menjadi produk yang memiliki value added? Pastinya, buah sawo tersebut akan lebih bermanfaat dan menjadi produk yang dapat diunggulkan oleh suatu daerah tersebut.

Buah sawo dapat diolah menjadi berbagai macam olahan seperti halnya sirup. Dengan adanya tekstur daging buah sawo yang lembut serta mengandung air maka buah sawo dapat diolah menjadi produk sirup. Perlu kita ketahui bahwa sawo juga memilki banyak manfaat diantaranya:

  • Mencegah anemia

Buah sawo memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah dengan baik sehingga akan mencegah terjadinya anemia. Buah sawo juga baik untuk perempuan yang sedang mengalami haid yang sering terkena masalah anemia atau kekurangan sel darah merah, sehingga dengan mengonsumsi buah sawo ini setelah menstruasi atau menjelang menstruasi dapat mengurangi anemia.

  • Menjaga kecantikan kulit

Manfaat Manfaat buah sawo bagi kesehatan yang kedua adalah menjaga kecantikan kulit. Tingginya kandungan vitamin C pada sawo ternyata bisa membantu tubuh untuk mengusir radikal bebas.

  • Menjaga kesehatan mata

Manfaat sawo bagi kesehatan lainnya adalah berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Tingginya kandungan vitamin A pada sawo membuat tubuh lebih baik dalam menjaga kesehatan mata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN