Mohon tunggu...
Firman Lazuardi
Firman Lazuardi Mohon Tunggu... Pelajar dan Pendidik

KKN TIM I UNDIP 2020/2021 Kabupaten Kudus Muhammad Firman Lazuardi (14010117130044), Mahasiswa Departemen Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Literasi Membaca bagi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19

23 Januari 2021   08:59 Diperbarui: 23 Januari 2021   09:01 51 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Literasi Membaca bagi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Kudus (22/01/2021) Pandemi Covid-19 telah merubah seluruh aktivitas dan kegiatan manusia di seluruh dunia. Tak terkecuali adalah pada sektor pendidikan. Salah satu perubahannya adalah pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang biasanya dilaksanakan secara kelompok (tim), namun pada pelaksanaan KKN kali ini dilakukan dengan cara mandiri (individu). KKN yang biasanya dilaksanakan di lokasi yang ditentukan oleh LPPM (berbasis desa binaan) maka saat ini ditentukan sendiri mahasiswa berdasarkan lokasi domisili (kampung halaman). Perubahan model KKN ini diharapkan tidak menghilangkan makna KKN dalam pemberdayaan masyarakat, oleh karena itu meskipun pelaksanaannya secara mandiri dan ada pembatasan dalam berkegiatan namun hendaknya tetap bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam masa pandemi Covid-19.

Pada periode KKN Tim I Tahun Akademik 2020/2021, tema KKN yang diusung adalah "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's)". Sejalan dengan tema tersebut, mahasiswa KKN pun menyusun dua program kerja untuk dilaksanakan di desanya secara door to door. Pada KKN mandiri UNDIP dibawah bimbingan Dr. Ir. Cahya Setya Utama, S.Pt., M.Si., IPM. Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, Muhammad Firman Lazuardi menjalankan 2 program. Program kedua adalah " Meningkatkan literasi membaca untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan nilai -- nilai pancasila bagi anak -- anak "  yang dilaksanakan pada tanggal 18-24 Januari 2021.

Sosialisasi ini dilaksanakan dengan memberikan edukasi kepada anak usia dini di TK Pertiwi Nusa Indah secara luring di rumah Bapak Agus Manaf, salah satu wali murid. Dalam kegiatan ini memberikan edukasi berupa pengenalan lambang negara (Bendera Merah Putih), menyanyikan lagu Garuda Pancasila, Tanah Air, dan 17 Agustus Tahun 45.

Tak lupa juga saya memberikan langkah-langkah pola hidup sehat yaitu sering mencuci tangan, menggunakan masker kain setiap melakukan kegiatan diluar rumah, menjaga jarak antar individu minimal satu meter, dan tidak berpergian ke kerumunan atau tempat ramai. Serta menjaga tubuh kita tetap sehat selama dirumah seperti menjaga pola makan, kebersihan lingkungan.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Tak hanya itu, warga pun diberi masker kain beserta pamphlet tata cara penggunaan dan cara mencuci masker kain yang baik dan benar. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat dapat patuh melaksanakan adaptasi kebiasaan baru, meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya Covid-19, dan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan dalam melaksanakan kegiatan dalam kehidupam sehari-hari. Output dari kegiatan ini adalah berupa poster adaptasi kebiasaan baru, masker kain, serta poster tata cara penggunaan masker kain & tata cara mencuci masker yang baik dan benar.

Penulis : Muhammad Firman Lazuardi (14010117130044), Ilmu Pemerintahan, FISIP, Universitas Diponegoro

Editor : Dr. Ir. Cahya Setya Utama, S.Pt., M.Si., IPM. (FPP UNDIP)

VIDEO PILIHAN