Mohon tunggu...
Firman Kurniawan
Firman Kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN UNDIP

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UNDIP: Sosialisasi Melalui Media Podcasting dan Penyemprotan Disinfektan di Lingkungan Sekitar

6 Agustus 2021   11:55 Diperbarui: 6 Agustus 2021   14:15 26 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UNDIP: Sosialisasi Melalui Media Podcasting dan Penyemprotan Disinfektan di Lingkungan Sekitar
Penyuluhan Bahaya Covid - 19 (Dokpri)

Semarang (06/08/2021) -- Pandemi Covid -- 19 di Indonesia belum memperlihatkan tanda -- tanda perubahan yang cukup membaik. Banyak dibeberapa daerah kasus pasien yang terpapar Covid-19 semakin meningkat. Ditambah level PPKM beberapa daerah menjadi level 4 menyebabkan warga dituntut untuk dapat beradaptasi pada kondisi yang terjadi sekarang ini.

Akan tetapi pada pelaksanaan protocol kesehatan yang berlaku dilapangan banyak warga yang menyepelakannya. Hal ini terjadi karena kurangnya informasi dan edukasi yang diterima oleh masyarakat. Akibat yang ditimbulkan dari masalah tersebut yaitu akan semakin banyak korban yang berasal dari golongan renta, seperti orang lanjut usia dan anak-anak.

Melihat hal itu, Firman Kurniawan KKN TIM II Universitas Diponegoro yang berlokasi di Desa Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang menjalankan program KKN berupa Penyuluhan bahaya Covid -- 19 melalui media podcasting. Program ini terdiri atas sosialisasi penyuluhan dengan tenaga kesehatan langsung dari salah satu rumah sakit di Kudus secara daring. Dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya menajalankan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, mencuci tangan, manjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Penyemprotan desinvektan disekitar lingkungan RT 04 (Dokpri)
Penyemprotan desinvektan disekitar lingkungan RT 04 (Dokpri)

Pengadaan penyuluhan tentang bahaya Covid -- 19 merupakan sebagai program kerja pertama KKN di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Selain memberikan edukasi, diadakan juga penyemprotan desinfektan di lingkungan sekitar RT 04.

(Penulis : Firman Kurniawan_Fisika UNDIP)

Editor : Apri Dwi Anggo, S.Pi., M.Sc.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN