Firma Fikri
Firma Fikri Freelance

semangat

Selanjutnya

Tutup

Media

Kontribusi Besar APP Sinar Mas terhadap Asian Games 2018

16 Mei 2018   14:16 Diperbarui: 16 Mei 2018   14:40 148 4 4
Kontribusi Besar APP Sinar Mas terhadap Asian Games 2018
Sumber foto : Murni oktarina

Pomade sudah diolesi di rambut, minyak wangi sudah disemprot, wajah yang sudah mendadak berubah mirip Chanyeol Exo membuat saya semakin percaya diri. Terlihat jam dinding di ruang tamu menunjukkan jam satu siang waktunya berangkat ke Sinar Mas Bowling Center. 

Setelah 15 menit jalan kaki akhirnya saya sampai di halte tak butuh waktu lama Trans Musi yang sudah bernuansa Asian Games 2018 berhenti untuk mengangkut saya menuju Sinar Mas Bowling Center.

Jam 2 siang saya sudah sampai di Sinar Mas Bowling Center yang letaknya tidak jauh dari Bank Sumsel. Belasan mobil terparkir semua penumpangnya memasuki Sinar Mas Bowling Center. 

Puluhan pekerja juga terlihat sedang sibuk bekerja membuat landskap di luar gedung. Kesan saya pertama kali masuk ke Sinar Mas Bowling sangat takjub, benar-benar keren. Hadirnya Sinar Mas Bowling Center tidak terlepas karena adanya kontribusi besar dari Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas sebagai bentuk dukungan terhadap Asian Games yang akan berlangsung 18 Agustus 2018 - 2 September di Jakarta dan Palembang.

Gadang Hartawan selaku Head Of Public Affairs OKI Pulp & Paper mengatakan pembangunan Sinar Mas Bowling Center menelan biaya sebesar 27 miliar rupiah, Luas bangunan Sinar Mas Bowling Center sekitar 3.600 meter persegi dan memiliki 40 Line. Indonesia patut bangga biasanya bowling center hanya memiliki 24 line atau 30 line.

Keesokan harinya saya dan teman-teman yang lain meluncur ke PT OKI Pulp & Paper Mills. Salah satu pabrik yang dimiliki oleh APP Sinar Mas. Ketika tiba di PT OKI Pulp & Paper Mills, saya dan teman-teman sudah ditunggu oleh Zulhadi Aziz, Head of Social & Security Sinar Mas Forestry Region Palembang, Sujica Lusaka, GM Fire Management APP Sinar Mas, Iwan Setiawan, Head of Public Affairs Sinar Mas Forestry Region Palembang, dan Mares Prabadi, Head of Fire Operation Management Sinar Mas Forestry Region Palembang. 

Mereka berempat sudah siap memaparkan bagaimana cara APP Sinar Mas menanggulangi potensi bencana kebakaran hutan dan lahan selama Asian Games berlangsung. Ya, selain berkontibusi dengan membangun Sinar Mas Bowling Center, APP Sinar Mas juga berkontribusi dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan. 

APP Sinar Mas telah menginvestasikan lebih dari USD100 juta dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Ditambah investasi sekitar USD3,8 juta yang khusus dialokasikan guna persiapan jelang dan selama Asian Games Berlangsung.

Sumber foto : Murni oktarina
Sumber foto : Murni oktarina

Penanggulangan kebakaran lahan dan hutan bertajuk 'No Fire - No Haze' ini mencakup tiga kabupaten di Sumatera Selatan, yaitu Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, dan Musi Banyuasin. 

Tiga kabupaten tersebut diprioritaskan karena merupakan daerah rawan terjadinya kebakaran. Di tiga kabupaten tersebut sudah disediakan pos terintegrasi yang terdiri dari petugas gabungan, mulai Regu Pemadam Kebakaran (RPK), Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), BPBD, hingga TNI dan Polri. 

Dilengkapi dengan peralatan dan logistik, para petugas di pos ini fokus dalam sosialisasi pencegahan kebakaran kepada masyarakat sekitar.

Setelah pemaparan dari mereka berempat saya dan teman-teman ke tempat simulasi pemadaman kebakaran terlihat para personil RPK begitu sigap melakukan pemadaman. Tak heran melihat mereka begitu cekatan karena para RPK Sinar Mas sudah melakukan pelatihan dengan pasukan elit TNI AD, Batalyon Infanteri Raider Kodam II Sriwijaya pada 6-15 Mei 2018 di Palembang.

Sumber foto : Murni oktarina
Sumber foto : Murni oktarina

Sumber foto : Murni oktarina
Sumber foto : Murni oktarina

Selain melakukan upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan APP Sinar Mas juga memiliki program Desa Makmur Peduli API (DMPA). Masyarakat desa yang menerima program tersebut diberikan pinjaman modal. 

Masyarakat desa diarahkan untuk bercocok tanam maupun beternak dengan memanfaatkan lahan tanpa melalui proses membakar. Hingga April 2018, program Desa Makmur Peduli Api di Sumatera Selatan telah mengalokasikan dana senilai Rp4,39 miliar yang telah diimplementasikan di 28 desa dengan total 1.996 KK penerima manfaat program.

Sumber foto : Murni oktarina
Sumber foto : Murni oktarina


Kompasianers Palembang
Kompasianers Palembang