Mohon tunggu...
Sosbud

Kecamatan Cigudeg Mempunyai Program Bermanfaat

30 Maret 2016   09:23 Diperbarui: 30 Maret 2016   10:25 0 0 0 Mohon Tunggu...

[caption caption="Gedung Kecamatan Cigudeg"][/caption]Keberhasilan Program UKM (Usaha Mikro Kecil) memberikan manfaat bagi pembangunan masyarakat Kecamatan Cigudeg. 

Kecamatan Cigudeg merupakan kecamatan yang masih minim dalam  perekonomiannya dan terdapat pengangguran. Oleh karena itu Kecamatan Cigudeg telah mengadakan program UKM yang sudah disediakan oleh PEMDA Kabupaten.

Program UKM adalah program sosial yang digulirkan kepada masyarakat agar masyarakat Cigudeg bisa menjadi wiraswasta dan pembuka lapangan kerja. Program UKM ini telah berdiri sejak tahun 2000.

Jumlah penduduk Kecamatan Cigudeg kurang lebih 1.117 penduduk dan ada 15 desa. Namun program UKM baru diadakan ke 5 desa saja, yaitu desa Warga Jaya, Cigudeg, Bangun Jaya, Arga Pura, dan Mekar Jaya. Ke lima desa ini sudah disosialisasikan kemarin pada tanggal 28 Maret 2016 yang diadakan di Hotel Laras Hati Jl. Raya salabenda Kemang Bogor.

Program UKM dari lima desa ini menghasilkan produk yang berbeda – beda yaitu, desa Warga Jaya mengasilkan makanan ringan seperti keripik singkong. desa Cigudeg menghasilkan makanan ringan seperti keripik tempe. desa Bangun Jaya menghasilkan pakaian dan masker. Desa Arga Pura menghasilkan jamur tiram. Dan desa Mekar Jaya menghasilkan opak.

Menurut Ade Miharja Kepala Seksi Perekonomian Kecamatan Cigudeg “adanya program ini untuk membantu masyarakat, masyarakat harus memiliki keahlian agar terciptanya wiraswasta dan lapangan kerja, dan Kecamatan Cigudeg bisa lebih baik dan berkembang lagi dari tahun – tah un sebelumnya”.