Mohon tunggu...
Firdha Zahrah
Firdha Zahrah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Be a girl with a mind, a woman with attitude, and a lady with class.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kesiapan Mahasiswa PGSD untuk Menjadi Guru SD

23 September 2022   16:40 Diperbarui: 23 September 2022   16:51 60 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perkembangan zaman merupakan suatu tantangan bagi sebuah bangsa dalam menghadapi arus globalisasi yang menghilangkan batas geografis, tidak terkecuali Indonesia. 

Perkembangan ini berdampak pada semua aspek termasuk ilmu pengetahuan dan teknologi berimbas pada tuntutan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia. Salah satu cara untuk menjamin kualitas sumber daya manusia adalah melalui pendidikan yang berkualitas. 

Demi mencapai pendidikan berkualitas haruslah melibatkan para praktisi, akademisi, dan kebijakan pemerintah dalam lingkup pendidikan-pun juga ikut berkontribusi dalam membentuk Generasi Emas Indonesia

Pendidikan dalam proses pelaksanaannya tidak dapat lepas dari pembelajaran. Pembelajaran terdiri dari berbagai komponen yang dijadikan penjamin ketercapaian tujuan pendidikan. Komponen dalam pembelajaran memiliki hubungan saling timbal balik. Komponen pembelajaran yang tidak dapat digantikan salah satunya adalah guru sebagai praktisi

Guru yang dikatakan kompeten apabila memiliki empat kompetensi secara menyeluruh. Kompetensi seorang guru dalam melaksanakan tugasnya tercantum dalam Undang-undang Guru dan Dosen No 14 Tahun 2005 Pasal 10 Ayat 1 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. 

Hal tersebut berarti bahwa seorang guru dapat disebut guru yang berkompeten apabila memiliki keempat kompetensi tersebut di dalamnya dan dapat dibuktikan secara otentik.

Kompetensi guru yang sudah bersertifikat pendidik belum tentu dapat dikatakan siap. Oleh karena itu, kesiapan akan kompetensi tersebut harus sudah diasah dengan intens sejak menjadi mahasiswa calon guru.

Kesiapan guru dapat dimiliki dari pendidikan yang diperolehnya sejak menjadi mahasiswa. Pendidikan tinggi merupakan jawaban untuk menciptakan SDM yang profesional dalam perannya bermasyarakat. 

Semakin baik pendidikan yang diperoleh mahasiswa diharapkan menjadikan calon guru sarat dengan kompetensi keguruan yang dimiliki. Oleh karena itu, kesiapan mahasiswa calon guru sangat berdampak signifikan dalam kemajuan pendidikan di Indonesia

Besides dalam Jusoh (2012: 99) menemukan bahwa "teachers readiness and suitable teaching appreacher had a highly significant relationships to the levels of student motivation, eadem achievement and overall perception on the effectiveness of the lessons". 

Pentingnya kesiapan dan pengajaran guru yang sesuai pendekatan memiliki hubungan sangat signifikan terhadap tingkat motivasi siswa, prestasi akademik, dan persepsi keseluruhan terhadap efektivitas pelajaran. Oleh karena itu, temuan tersebut menandakan betapa pentingnya kesiapan guru. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan