Mohon tunggu...
Firdaus Deni Febriansyah
Firdaus Deni Febriansyah Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Writer

Seorang freelance content writer, bloger, dan kontributor di beberapa media

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

3 Aplikasi Sosial Media yang Sebaiknya Jangan Pernah Diinstall

4 Januari 2024   08:30 Diperbarui: 4 Januari 2024   08:54 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi sosial media/Pixabay

Aplikasi sosial media sudah sangat dekat dengan kehidupan kita. Hampir semua orang pasti memilikinya, aplikasi Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya.

Menggunakan sosial media membuat seseorang dapat dengan mudah terhubung dengan orang lain. Bahkan sosial media kini sudah mulai dijadikan ladang untuk mencari cuan dengan cara berjualan.

Meski begitu, sebagai pengguna smartphone yang sama seperti kalian, saya tidak menyarankan untuk menginstall beberapa aplikasi sosial media tersebut. Bukan karena aplikasinya yang jelek atau lemot, melainkan ada alasan-alasan tertentu.

Facebook

ilustrasi aplikasi Facebook/Zeebis.com
ilustrasi aplikasi Facebook/Zeebis.com

Aplikasi media sosial pertama yang sebaiknya tidak kalian install adalah Facebook. Mengapa demikian? Pertama, cek saja ukuran aplikasinya mencapai 55MB. Tergolong cukup besar dan sangat memakan ruang penyimpanan ponsel.

Apalagi jika HP kalian RAM-nya hanya 1 atau 2GB saja. Kalau sampai menginstall aplikasi Facebook pasti memorinya berkurang banyak.

Daripada mendownload aplikasi Facebook yang memakan ruang memori dan akhirnya HP kalian kepenuhan, lebih baik gunakan saja Facebook di browser bawaan seperti Google Chrome. Cukup gunakan Chrome, login Facebook dari sana, tidak perlu download aplikasi tambahan biar nggak boros RAM.

Mau buat status? Mantau grup? Jualan di marketplace Facebook? Ngiklan? Semuanya bisa dilakukan via browser kan? Jadi menurutku nggak penting-penting juga mendownload aplikasi Facebook karena fitur-fiturnya bisa diakses via browser.

Twitter/X

Ilustrasi aplikasi Twitter/voli
Ilustrasi aplikasi Twitter/voli

Dulu namanya Twitter, tapi sekarang sudah berganti nama menjadi X semenjak diakui sisi oleh Elon Musk. Sama seperti Facebook, alasan saya tidak merekomendasikan kalian untuk mendownload aplikasi X adalah persoalan memori atau ruang penyimpanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun