Mohon tunggu...
Firdaus Deni Febriansyah
Firdaus Deni Febriansyah Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Seorang freelance content writer, bloger, dan kontributor di beberapa media

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Makanan Khas Sumatra Selatan Selain Pempek

31 Oktober 2021   23:08 Diperbarui: 31 Oktober 2021   23:24 327 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Apa yang pertama kali ada di pikiran kalian tentang Sumatra Selatan? Sebagian besar saya yakin akan menjawab Palembang dan pempek. Menyebut Palembang karena merupakan ibukota provinsi Sumatra Selatan dan menyebut pempek karena makanan khas Sumatra Selatan yang paling terkenal.

Kawan, memang betul pempek adalah makanan khas dari Sumatera Selatan dan di seluruh kabupaten dan kota di Sumsel pasti ada makanan yang satu ini. Akan tetapi, makanan khas di Sumsel ada banyak kok dan semuanya enak dan halal untukk dimakan. Yuk, kita ulas satu per satu

Tekwan

Semangkuk tekwan. Gambar via merdeka.com
Semangkuk tekwan. Gambar via merdeka.com

Bisa dibilang makanan satu ini adalah makanan yang digolongkan ke dalam sup. Karena memang, rasa kuahnya memang mirip seperti rasa kuah sup.

Tekwan adalah makanan berkuah yang didalamnya pentol-pentol kecil. Pentol kecil tersebut terbuat dari campuran ikan dan tepung tapioka, selain itu juga ditambahkan daun bawang, daun seledri, serta bawang goreng.

Di Sumsel, Anda sangat mudah menemukan tekwan karena banyak sekali yang menjualnya. Biasanya tekwan dijual bersama dengan makanan lainnya seperti pempek dan model.

Oh ya, harga tekwan satu porsinya cukup terjangkau dari Rp 3000 hingga Rp 5000 saja. Sangat cocok untuk anak kos, karena makanan ini sangat mengenyangkan.

Model

Model ikan Palembang. Sumber gambar : sumsel.tribunnews.com
Model ikan Palembang. Sumber gambar : sumsel.tribunnews.com

Yang kita bahas adalah model makanan ya, bukan model majalah pria dewasa atau model majalah wanita dewasa. Secara sekilas, bagi pendatang baru mungkin sulit membedakan tekwan dan model karena tampilannya sangat mirip, terlebih lagi keduanya sama-sama makanan berkuah.

Kalo tekwan adalah makanan dari campuran tepung tapioka dan daging ikan, sedangkan model terbuat dari adonan yang kurang lebih sama seperti pempek kapal selam. Didalamnya berisi tahu dan disajikan bersama kuah udang dengan tambahan timun dan ebi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan