Mohon tunggu...
Firda Amalia
Firda Amalia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hiiii welcome, nice to see u!!

Never tired to learn - College student - Masih pemula dalam menulis

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Tetap Menjadi Mahasiswa Produktif Selama Pandemi

21 Januari 2022   16:25 Diperbarui: 21 Januari 2022   16:32 117 5 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Ilustrasi : pexels.com oleh Andrea Piacquadio

Masa pandemi yang semakin berkepanjangan pasti membuat masyarakat terutama para mahasiswa jenuh selalu berada di rumah. Ditambah lagi tidak bisa bertemu dengan teman-teman kuliah yang berasal dari berbagai daerah. Diharuskan kuliah online serta menumpuknya tugas, menambah beban pikiran mahasiswa selama masa pandemi ini. Kegiatan yang dilakukan sehari-hari menjadi pilihan masing-masing orang. Mau malas atau rajin, mau produktif atau rebahan di kamar, semua itu tergantung pada pilihan pribadi masing-masing.

Dengan situasi yang mengharuskan kita membatasi kegiatan di luar rumah, tidak seharusnya mengurangi produktivitas kita. Kamu juga masih tetap bisa menjadi mahasiswa produktif selama di rumah saja. Di bawah ini ada beberapa tips untuk menjadi mahasiswa produktif selama masa pandemi ini.

1. Rutin berolahraga

Olahraga setiap pagi sangat cocok untuk memulai hari dengan lebih semangat. Olahraga dapat membuat badan lebih segar dan tubuh memiliki stamina yang kuat. Selain berguna untuk kesehatan, olahraga juga dapat mengurangi sifat malas kamu. Dengan berolahraga rutin setiap pagi, rasa malas akan berkurang sehingga dapat lebih produktif setelahnya. Walaupun tugas perkuliahan banyak, badan akan lebih fit karena rutin berolahraga. Penelitian telah membuktikan, berolahraga pada pagi hari memiliki efek menguntungkan pada tingkat energi, kewaspadaan, fokus, dan pengambilan keputusan, yang dapat diterjemahkan menjadi hari kerja yang lebih produktif.

2. Istirahat cukup

Cara ampuh berikutnya agar kamu menjadi mahasiswa produktif di tengah perkuliahan online yang padat adalah dengan menjaga waktu istirahat. Istirahat sangat penting untuk tubuh agar stamina tetap terjaga. Meskipun perkuliahan secara daring mengakibatkan banyaknya tugas menumpuk dan diperlukan kemandirian untuk mempelajari materi, usahakan untuk tetap istirahat dengan cukup. Kebiasaan begadang tidak baik bagi kesehatan. Tubuh yang lelah bisa membuat konsentrasi kamu hilang dan pekerjaan menjadi berantakan. Selain menyebabkan mudah mengantuk dan kelelahan, kurang tidur akibat begadang juga bisa berpengaruh pada kondisi emosi dan psikologis. Jadi, usahakan untuk mengatur waktu istirahat meskipun tugas menumpuk.

3. Membuat to do list setiap hari

Agar kegiatan lebih efektif, kamu perlu membuat to do list atau daily reminder. Dengan adanya to do list setiap hari, kamu akan lebih produktif dan kegiatan lebih terorganisir. To do list juga sangat membantu kamu sebagai mahasiswa yang memiliki banyak tugas. Tugas-tugas dapat kamu kerjakan urut sesuai deadline yang diberikan. Dengan membuat daily reminder juga bisa mengurangi rasa malas dan kebiasaan lupa. Jika kamu sudah disiplin dengan kegiatan kamu selama kuliah online, maka produktivitasmu akan semakin meningkat. Selain itu juga bisa menyelamatkanmu dari kebiasan pelupa.

4. Menata ruang belajar agar lebih nyaman

Lingkungan yang mendukung akan membuat diri kamu lebih nyaman dalam belajar. Tempat yang nyaman dan bersih bisa memengaruhi produktivitas dan mood. Ruang belajar yang berantakan akan memengaruhi konsentrasi serta fokus dalam mengikuti perkuliahan. Oleh karena itu, sebelum memulai kuliah online, usahakan untuk membersihkan dan merapikan ruangan agar terasa nyaman. Perlu diperhatikan pula dalam memilih meja dan kursi yang nyaman agar badan tidak mudah lelah. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus menyimak materi kuliah yang disampaikan dosen serta mengerjakan tugas dengan tenang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan