Mohon tunggu...
Safira Nurlita Syarif
Safira Nurlita Syarif Mohon Tunggu... firasyarif06

AYOLAH BERJUANG KESUKSESAN TIDAK DATANG BEGITU SAJA

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Intelegensi Itu Apa Sih?

12 April 2021   22:18 Diperbarui: 12 April 2021   22:23 79 2 0 Mohon Tunggu...

Hallo teman-teman kali ini mimin akan membagi sedikit ilmu untuk kita semua, yang tentunya materi ini tidak kalah menarik dari materi-materi sebelumnya. Pada materi kali ini kita akan membahasa apa itu intelegensi.

Pasti dalam kehidupan sehari-hari kalian mempunyai orang-orang terdekat baik itu sahabat, keluarga, guru, ataupun lainnya yang memiliki sikap cekatan, cepat dalam melakukan segala sesuatu dan juga trampil dalam waktu yang bisa dibilang singkat dalam urusan pekerjaan. Namun teman-teman juga memiliki teman ataupun lainnya yang memiliki sikap yang berbalik yakni lamban, cuek dan juga tidak terampil dalam melakukan pekerjaan. Pertanyaannya apakah kalian semua tahu bahwasannya sikap seperti diatas merupakan factor dari taraf intelegensi orang tersebut.


1.Pengertian Intelegensi

Mendengar kata intelegensi ini sendiri pasti teman-teman semua sudah tahu bahwasannya Intelegensi adalah suatu kemampuan atau apa yang dapat dilakukan manusia guna mencapai suatu prestasi yang dimana berpikir adalah yang memegang peranan. Bentuk dari prestasi manusia itu sendiri termasuk dalam berbagai bidang yang ada dalam kehidupan kita yaitu prestasi dalam bidang kehidupan yakni pergaulan, sosial, tekhnis, berdagang, dalam bidang mengatur bagaimana rumah tangga, dan juga belajar yang dimana semua hal-hal tersebut adalah bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

2.Teori Umum Intelegensi

a. Kecerdasam Intelektual / Intelectual quotient (IQ)
Seorang Alfred Binet menyatakan bahwasannya kecerdasan itu dilihat dari sisi kekuatan verbal dan juga logika dari seseorang. Pada akhirnya kecerdasan itu dapat dinilai dengan angka konstan yang menganut konsep eugenic yang memiliki arti sebagai pengendalian sistematis dari keturunan. Kemudia perkembangan ini diteruskan oleh seorang yang bernama Carl Brigham yang meramncang tes IQ yanmg akhirnya dipernaharui menjadi scholastic aptitude test (SAT)

b.Kecerdasan umum / General Intelegence
Seorang Charles Spearman memberikan pendapat bahwasannya manusia itu mempunyai suatu kemampuan mental umum yang menjadi dasar dari segala kemampuannya dalam menangani suatu kesulitan dari kognitif. Factor dari kecerdasan umum ini meliputi kemampuan untuk memecahkan masalah, berpikir abstrak dan juga memiliki keahlian dalam belajar.

c.Kecerdasan cair dan juga kecerdasan kristal / Fluid and crystaled intelligence. Raymond cattel dan juga john horn itu memiliki pendapat bahwasannya manusia itu mempunyai suatu kecerdasan umum yang dibagi menjadi dua yaitu
-kecerdasan cair yang dimana kecerdasan cair ini adalah suatu kecerdasan yang mengarah pada kecerdasan biologis, yang dimana kecerdasan ini meningkatberdasarkan perkembangan usia.
-kecerdasan kristal merupakan suatu kecerdasan yang diperoleh dari proses pembelajaran itu sendiri dan juga belajar dari pengalaman hidup, kecerdasan ini bisa dibilang luar biasa karena kecerdasan ini terus meningkat tanpa adanya batas maksimal selama manusia ingin dan juga bisa belajar.

d.Kecerdasan yang dapat dimodifikasi.
    Kecerdasan ini di kemukakan oleh Reuven Feurtein yang dimana dia memiliki pendapat bahwasannya kecerdasan itu dapat diukur melalui kemampuan berpikir dari orang itu sendiri karena pada dasarnya kemampuan berpikir dari manusia tersebut mempunyai tahap-tahap dalam perkembangannya.

e.Kecerdasan Proksimal atau Proximal intelligence
Seorang leo Vygotsky menyatakan bahwasannya kecerdasan kognitif dari seseorang dapat diuji dengan selalu memperhatikan kronologis usia dari mental orang tersebut yakni memperhatikan kapasitas dari orang tersebut.

f.Kecerdasan yang dapat dipelajari
Seorang yang bernama David Perkins yang merupakan lulusan dari universitas Harvard yang dimana universitas ini adalah universitas yang masuk dalam kategori sebagai universitas terbaik di dunia. Beliau menyatakan bahwasannya kecerdasan itu dipengaruhi oleh beberapa factor dala  kehidupan kit aini yang dimana itu adalah system dari otak kita, pengalaman hidup yang tentunya setiap orang pasti memiliki pengalaman, dan juga kapasitas untuk pengetahuan dari diri kita sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN