Mohon tunggu...
KKN UM Desa Teke
KKN UM Desa Teke Mohon Tunggu... Mahasiswa - Official Account KKN Pulang Kampung Desa Teke Universitas Negeri Malang

KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang Desa Teke Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM Membentuk PHBS melalui Penayangan Video Edukasi Kesehatan

25 Juli 2021   00:40 Diperbarui: 25 Juli 2021   01:16 28 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Membentuk PHBS melalui Penayangan Video Edukasi Kesehatan
Foto: Dokumentasi Pribadi

Rendahnya pengetahuan tentang pentingnya membersihkan tangan sebelum makan, khususnya untuk anak-anak sebab tanganlah yang menjadi bagian tubuh yang banyak tertempel bakteri dan kotoran yang akan menimbulkan penyakit, sehingga sangat rentan anak-anak mengalami sakit terutama sakit perut baik disertakan muntaber. Maka harus mulai dari dini lah, untuk dikenalkan tentang membersihkan tangan agar terbiasa dan tertanam dalam kehidupan mereka.

Di desa Teke  masih minimnya kesadaran dalam membersihkan tangan khususnya untuk anak-anak, maka kami KKN Pulang Kampung 2021 memiliki tujuan yaitu meningkatkan kesadaran kebersihan khususnya membersihkan tangan agar penyebaran penyakit yang melalui tangan dapat dihindari, terutama penyakit COVID-19 yang ditakutkan. 

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Melalui media Video Edukasi Kesehatan, kami mengenalkan serta mengajarkan tentang pentingnya membersihkan tangan, baik setelah bermain maupun setelah memegang benda-benda asing. Biasanya pengajaran pembersihan tangan dalam bentuk poster maupun praktek, maka kami melakukan cara lain, yaitu Video Edukasi Kesahatan. Video Edukasi Kesehatan ini bukan hanya video biasa, tetapi yang membuatnya menarik yaitu terdapat animasi bergerak  bakteri

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
.Pada tanggal 10 Juli 2021 kami melakukan penayangan Video Edukasi Kesehatan kepada beberapa anak di desa Teke dan alhamdulliah partisipasi dalam menontonnya bagus Melalui media video ini, diharapkan anak-anak lebih tertarik untuk mempelajarinya dan mudah dimengerti, sehingga akan tertanam dari sekarang dan akan terbiasa anak-anak dalam menerapkan untuk kehidupan sehari-hari.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Dari Video Edukasi Kesehatan ini, Mahasiswa KKN UM  berharap anak-anak dapat menerapkan di kehidupan sehari-hari sehingga tidak terjadi penularan berbagai macam penyakit yang tidak diinginkan dan diharapkan dari video ini, akan tercipta lingkungan yang bersih khususnya di desa Teke.

Penulis : Mar'atun Sholeha dan Nurfadilah

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN