Muda

Jadi Anak Kost? Santai Aja

20 Mei 2018   19:21 Diperbarui: 20 Mei 2018   20:09 272 2 10

Assalamualaikum, Hallo semuanya !

Selamat  datang kembali ke tulisan aku. Kali ini kita bakalan bahas hal-hal yang  sekiranya perlu dilakuin waktu jadi anak kostan. Nah perlu kalian tau  gaes, jadi anak kostan itu bedanya sekitar 180 derajat dari anak rumahan  Bedanya itu kira-kira :

1. Gak masak ya ga makan, kecuali selalu punya uang buat beli makanan diluar

2. Ngurusin pakaian sendiri

3. Ngurusin semua nya sendiri, nyuci piring, nyapu, ngepel dll

4. Mesti peka sama tanda-tanda cuaca. ya kalo gak gitu pakaian gak bakalan kering karena ditinggal kuliah terus diguyur hujan

Kalau dilihat-lihat sih kayaknya semua gada masalahnya sama sekali.  Tapi jujur, pertama kali aku ngerasain jadi anak kostan itu ribet nya  parah. Yang biasanya balik sekolah tinggal duduk terus makan ganti baju,  dan lanjut tidur siang dengan nikmatnya. Waw sekarang udah gak bisa  kayak gitu lagi. Balik kuliah harus mikir, makan apa ya balik ini? Beli  apa ya biar ga mahal? Pengen masak ah, tapi keburu lapernya ilang.  Sungguh, beberapa pertanyaan itu sering muncul dikepala dan  terbayang-bayang setiap hari. Tapi kalo dipikir-pikir buktinya aku bisa  kok lewatin semua itu. Dan anehnya, berat badan ku naik drastis semnjak  jadi anak kostan. Nah loh itu kenapa yak? 

Tapi perlu dicatet  gaes, aku itu anaknya gak ngerti kalo gak sarapan pagi. Coba aja  sekali-kali gak sarapan, pasti ulu hati aku langsung melilit gitu.  jadinya ya tips pertama sih waktu awal bulan (pas dompet lagi tebel) aku  suka belanja bulanan gitu. Misalnya sekedar beli susu,  telur, outmeal,  energen atau mie instan. Itu tujuan nya biar setiap pagi aku punya  stock buat sarapan dan misalnya aku kehabisan uang disaat yang tidak  tepat aku masih punya stock makanan. Hehehe

Oh iya, jangan lupa juga untuk selalu menabung gaes. Nih ya, ada  baiknya kalo kalian nabung disaat awal bulan. Karena apa?  disaat kalian  lebih memilih nabung waktu awal bulan, uang nya bakalan sesuai target  kalian. Nah loh bisa bayangin kan gimana efeknya nabung diakhir bulan?  pasti budget yang udah kalian tentuin bakalan kurang. Terus satu lagi,  kalo kalian punya kembalian uang recehan atau koinan itu jangan  disia-siain. Btw itu bisa kok nutupin uang parkir kalo kalian lagi pergi  ke suatu tempat. Atau kalo kalian betah, kumpulin aja semuanya terus  saat-saat genting bisa kok tukarkan koin nya ke swalayan terdekat. Hehe  yakan lumayan buat nambah-nambah isi dompet. 

Terus apalagi ya. hemm sebisa nya me managementkan keuangan kalian. Aku  tau kok, godaan buat shopping, makan diluar, hangout sama temen atau  bahkan nonton bioskop bisa jadi pemicu paling besar uang bulanan kalian  habis. Tapi sepengalaman aku, kalo emang gada uang, ya jangan dipaksain  atuh neng, mas. Ntar kamu nya juga yang menjerit karena gabisa makan.  

Boleh-boleh aja kalo mau shopping tapi ya mending pake sistem tabungan  gitu, jadi kalo kamu mau beli satu barang ya tabung aja uangnya sampe  cukup baru deh dibeli. Jadinya kan uang bulanan kamu gak terkuras deras.  Tapi kalo nonton bioskop kayaknya bisa deh di wanti_wanti. Nonton itu  kalo waktu film yang kamu tunggu aja. Kalo tiba-tiba ada temen yang  ngajakin dan kamu kurang srek, ya mending jangan pergi daripada nguras  kantong. Ya gak sih?

Buat kamu wahai ciwi-ciwi yang ngekost sering-seringlah masak  dikostan (bagi yang punya peralatan ya) aku udah rasain sendiri sih,  masak sendiri itu untungnya berkali lipat wahaha. Misalnya nih kalo  makan diluar satu kali makan 20-25 rb. Nah kalo masak sendiri, itu bisa  buat 3 kali makan  alias satu harian, sumpeh. Tapi ya gitu, sebisanya atur waktu aja kapan  sempat buat masak, sesuain sama jadwal kuliah. Kalo full banget mending  jangan masak deh

Karena dikostku gak ada kulkas, jadi aku mau kasih  tips buat kalian yang merasasakan hal yang sama kayak aku. Kalo beli  bahan masakan jagan banyak-banyak sesuain aja sama yang pasti kalian  makan. Kalo gak gitu, mubazir mbak ntar bakalan basi.

Segini aja ya tips dan trik nya semoga bermanfaat. Sukses buat kita  semua. Jangan sia-siakan kesempatan yang udah ada. Ingat orang tua kita  semua berjuang demi nyekolahkan anak-anaknya. Wassalamualaikum