Mohon tunggu...
Fiqran Nugraha
Fiqran Nugraha Mohon Tunggu... Sebuah Akun Dengan Coretan pribadi

Line : fiqrannugraha

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Sepatu Compass, Sepatu Rakyat? Berada di Kelas Konsumen Mana?

22 Februari 2020   23:51 Diperbarui: 23 Februari 2020   00:06 891 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sepatu Compass, Sepatu Rakyat? Berada di Kelas Konsumen Mana?
Sumber :Instagram/Fiqran Nugraha

22 Februari 2020 adalah hari pertama di bukanya kegiatan salah satu kegiatan besar Sepatu Compass yang di beri tema Meroket Bersama Compass, kegiatan besar ini juga diadakan bersama dengan im3ooredoo serta grub band Penerbang Roket. 

Sebelumnya ... Sepatu compass adalah sepatu Compass dimulai sejak tahun 1998 yang dimiliki oleh bapak Ir. Kahar Gunawan, MBA. Sempat mengalami keterpurukan pada tahun 2000an dan kembali meroket pada tahun 2018 hingga saat ini dengan tangan dingin Aji Handoko yang mampu membuat sepatu Compass ini dapat benar benar di gilai oleh para millennials.

Menarik dari Sepatu Compass hari ini, sepatu Compass telah berhasil membuat brandingan mereka digaungkan oleh para millennial bahkan para tokoh tokoh terkenal tanah air ini, gaungan local pride akhir akhir di kancah online maupun offline benar benar tersebar. Para pemuda tidak lagi kehilangan muka ketika memakai brandlocal.  

Aji Handoko melalui surat terbukanya, berbagi sedikit tentang strategi retailer sepatu Compass hari ini. "Kami hanya men-support pedagang kecil ketimbang Departemen Store. Alasannya satu, Untuk menggerakkan perekonomian Indonesia di level bawah. 

Kami Juga berusaha untuk melakukan pemerataan distribusi, yang bikin semua Teman Compass punya kesempatan yang sama untuk dapat Sepatu Compass. Program ini kami mulai dari Pulau ke Pulau lalu ke Provinsi. Setiap Hari. Dengan Kondisi produksi yang terbatas. 

Makanya 4500-6000 sepatu/bulan tidak hanya kami tempatkan di satu distributor, tetapi ke banyak retailer agar semua dapat sepatu compass, dengan harga yang kami sepakati dengan para retailers. 

Jika teman Compass membeli harga sepatu Compass dengan harga yang tinggi dari harga normal, Keuntungan tersebut sama sekali tidak kembali kepada kami. Seluruh keuntungan yang timbul dari harga Resell market itu kembali sepenuhnya ke reseller." Dalam Surat terbukanya.

Perlu sedikit kita ketahui mungkin harga resmi langsung dari Sepatu Compass itu sendiri nsesuai dengan typenya :

  • Sepatu Compass Gazelle Low BW - Rp 278,000
  • Sepatu Compass Gazelle Hi BW - Rp 318,000
  • Sepatu Compass Gazelle Low Blue Sky - Rp 278,000
  • Sepatu Compass Gazelle White Low - Rp 300 ribuan
  • Sepatu Compass Gazelle Hi Pink - Rp 318.000
  • Sepatu Compass Gazelle Low Cappuccino - Rp 278.000
  • Sepatu Compass Gazelle Hi Blue Sky - Rp 318.000
  • Sepatu Compass Gazelle Hi Cappuccino Canvas - Rp 318.000
  • Sepatu Compass 98 Vintage desain oleh @oldblueco - Rp 698 ribu
  • Sepatu Compas x darahkubiru - Rp 518 ribu
  • Sepatu Compass 98 Vintage desain oleh @elderscompany - Rp 508 ribu
  • Sepatu Compass Bravo - Rp 398,000
  • Sepatu Compass Edisi Penerbang Roket  - Rp 658.000 (Ditinjau tribunnews.com/Yurika Nendri)

Dari kelihatan harganya, kita akan melihat bahwa harga sepatu compass langsung itu masih jauh dibawah harga Air Jordan, bahkan harga tersebut masih dibawah harga SK8 dari Vans. 

Dari harga itu kita masih dapat memandang bahwa masih  bisa dikatakan sebagai sepatu yang dapat dipakai oleh setiap kalangan. 

Kalau kata seorang bijak, Marketing marketing dari sepatu sepatu dengan brand terkenal seperti Vans, Adidas, Nike, Gucci tidak akan benar benar menurunkan harga mereka sesuai dengan kantong para masyarakat kelas bawah itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN