Mohon tunggu...
Fiqih
Fiqih Mohon Tunggu... Lainnya - Content Writer

Mimpi besar berawal dari satu langkah kecil

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Apakah Penting Soft Skill Dalam Dunia Kerja?

7 Juni 2023   19:47 Diperbarui: 7 Juni 2023   19:52 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sering mendengar kata Soft Skill? Apa sebenarnya soft skill dan kegunaannya apa aja? Bagaimana cara belajar soft skill ini? pembahasan kali ini saya akan mengulas mengenai soft skill ini dan kaitannya dengan karir.

Saat bersekolah hingga kuliah yang lebih sering diajarkan adalah hard skill atau technical skil. Itu adalah kemampuan seseorang untuk mengerjakan pekerjaannya. 

Misal seorang yang mempelajari akuntansi akan mempelajari Teknik menghitung dengan ilmu akuntansi. Atau seseorang yang kuliah di jurusan Kedokteran akan mempelajari ilmu-ilmu yang dapat memproses untuk menyembuhkan pasien. Begitu pula seorang yang di jurusan Teknik akan mempelajari ilmu-ilmu yang menunjang untuk bekerja di bagian Teknik. Dan tentunya jurusan-jurusan lain juga.

Semua ilmu tersebut memang akan membuat seseorang siap bekerja, tetapi saat seseorang bekerja terutama di korporasi maka orang tersebut menjadi bagian dari satu tim. Dalam tim ini akan bergabung semua orang dari berbagai disiplin ilmu. 

Dan saat disiplin ilmu ini bergabung maka tidak dapat berbicara secara pengetahuan yang dipelajari di sekolah. Bayangkan di dalam satu rumah sakit, ada dokter, ada akuntan dan ada teknisi dan bagian-bagian lainnya. 

Mereka tidak akan berbicara dalam “Bahasa” yang sama karena mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Sementara dalam suatu organisasi, semua orang harus mempunyai tujuan yang sama supaya tujuan organisasi dan bisnis tercapai. 

Dari kondisi diatas, maka yang harus dimiliki adalah soft skill yang merupakan kemampuan untuk berdiskusi, memecahkan masalah, mengambil keputusan, berpikir kritis, adaptasi, kepemimpinan dan beberapa skill lainnya. 

Umumnya skill-skill ini berhubungan dengan cara berpikir, cara bersikap dan emosi. Dan lebih banyak penekanannya kepada interpersonal skill atau yang berhubungan dengan proses berinteraksi dengan orang lain. 

Karena diperlukan diskusi sesame anggota team untuk mencapai team goal. Dalam hal ini maka seseorang menjadi team player.

Telah ditulis: ruangbacaan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun