Mohon tunggu...
Fiona Try
Fiona Try Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Atmajaya

when nothing is sure, everything is posibble.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KWKT: Pemuas Perut dan Dahaga?

5 Maret 2021   17:03 Diperbarui: 5 Maret 2021   17:11 67 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KWKT: Pemuas Perut dan Dahaga?
Sumber: PULSK/Andiny

Ada yang pernah mendengar atau makan Seblak, Tutug Oncom, Cilok?

Hmmm saya yang mendengar namanya saja sudah bisa membuat cacing diperut ini bergetar. Ngomong-ngomong soal makanan diatas, pembaca disini ada yang mengenali makanan dari daerah manakah itu? Yap benar sekali dari Jawa Barat khususnya di Kota Tasikmalaya.

Biasanya sebagian masyarakat awam akan menebak makanan diatas hanya ada di Kota Bandung, karena memang benar adanya dipinggiran jalan Bandung atau pertokoan bahkan mall kita dapat menemukan makanan diatas kecuali Tutug Oncom. Tutug Oncom atau singaktan dari T.O merupakan salah satu makanan khas Kota Tasikmalaya yang paling banyak diminati oleh masyarakat luar kota, tidak heran jika makanan yang satu ini menjadi primadona.

Contohnya: salah satau youtuber terkenal yaitu "Nex Carlos" datang ke Kota Tasikmalaya dan kalian tau apa yang ia makan? Betul sekali, Tutug Oncom!!

Tentunya bukan hanya Tutug Oncom saja yang menjadi kuliner di Kota Tasikmalaya ini, banyak sekali menu kuliner lain yang dapat memanjakan lidah pembaca disini. Contohnya bakso, meskipun bukan merupakan makanan yang khas namun pendatang diluar kota sudah mengenal kenikmatan bakso yang ada di kota ini.

Eh ngomong-ngomong kuliner itu apa sih?

Definisi mengenai kuliner, Kuliner adalah suatu bagian dari hidup yang erat kaitannya dengan konsumsi makanan sehari -- hari. kuliner juga dapat di artikan sebagai hasil olahan yang berupa masakan dan yang berupa lauk -- pauk, makanan / panganan beserta minuman. (Jurnal UAJY, 2014)

Komunitas Wisata Kuliner Tasikmalaya (KWKT) hadir untuk memberikan ulasan dan rekomendasi tempat atau kuliner yang ada di Tasikmalaya. Komunitas yang aktif di media sosial seperti Facebook (Wisata Kuliner Tasik), Instagram (@Wisatakulinertasikmalaya), dan tiktok (Wisata Kuliner Tasikmalaya) yang memudahkan para pengguna media sosial  atau  para pemuas perut dan dahaga untuk dapat melihat kuliner apa saja yang di kota Tasikmalaya tanpa harus berkunjung terlebih dahulu. 

Adapun tujuan dan kegiatan dari komunitas ini, pertama untuk membantu mempromosikan kuliner khususnya di Tasikmalaya dengan cara memposting dibeberapa platfrom sosial media yang dimiliki, agar kedepannya usaha kuliner tersebut dapat dikenal dan dinikmati oleh banyak orang. Kedua, selain membantu mempromosikan, komunitas ini juga sering mengdakan kumpulan offline dengan tujuan memberikan edukasi terhadap UKM yang ada di Tasikmalaya. Ditengah maraknya pandemi, KWKT pernah melakukan kegiatan edukasi online dengan UKM melalui via zoom.

Bagi pembaca yang penasaran dan ingin mencicipi makanan dari Tasikmalaya, tidak ada salahnya jika pembaca mulai mengikuti platfrom media sosial yang sudah saya singgung diatas dan mulai mengenal lebih jauh terkait wisata kuliner yang ada di Indonesia ini. Karena Indonesia dikenal sebagai negara surganya wisata kuliner, tidak percaya? Yuk jangan lupa ajak saya keliling Indonesia untuk menemani pembaca menikmati beraneka macam makanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN