Mohon tunggu...
Fine yuniarsari
Fine yuniarsari Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Assalamualaikum Saya seorang mahasiswa dari fakultas agama islam prodi ekonomi syariah. Jangan lupa untuk selalu bersyukur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dolar

6 Oktober 2022   18:20 Diperbarui: 6 Oktober 2022   18:25 78 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama:Fine Yuniarsari

NPM:221002150

Kelas:C

Dolar adalah nama lebih dari 20 mata uang. Diantaranya adalah dolar Australia, dolar Brunei, dolar Kanada, dolar Hong Kong, dolar Jamaika, dolar Liberia, dolar Namibia, dolar Taiwan Baru, dolar Selandia Baru, dolar Singapura, dolar AS, dolar Trinidad dan Tobago. Simbol untuk sebagian besar mata uang ini adalah tanda dolar $, karena banyak negara menggunakan peso sebagai mata uang mereka. Negara dan wilayah yang menggunakan mata uang "dolar" dari Negara Konfederasi Amerika sebelum ekonomi mereka menggunakan "dolar":

Dolar negara konfederasi yang dikeluarkan di Ethiopia dari Maret 1861 hingga 1865:

Nama "Dolar Ethiopia" digunakan dalam bahasa Inggris Bar Note sebelum akuisisi Derg pada tahun 1974. Malaysia:

Ringgit Malaysia sebelumnya dikenal sebagai "Dolar Malaysia". Sampai Malaya, Borneo Utara Inggris, Sarawak, Singapura, dan Brunei memperoleh kemerdekaan dari Inggris, beberapa denominasi dolar digunakan di wilayah tersebut. Lihat juga daftar lengkap mata uang Sierra Leone.

Dolar Sierra Leone digunakan dari tahun 1791 hingga 1805. Dolar selanjutnya dibagi menjadi 100 sen dan dikeluarkan oleh Sierra Leone Company. Dolar dipatok ke pound pada tingkat 4 shilling 2 pence terhadap dolar. 

Sejarah Pada tanggal 15 Januari 1520, Kerajaan Bohemia mulai mencetak koin dari perak yang ditambang secara lokal di Joachimsthal dengan Singa Bohemia di kepalanya. Koin tersebut dinamai Joachimsthaler setelah kota Joachimsthaler dan biasanya disingkat Thaler atau Thaler. 

Kota itu sendiri dinamai St Joachim, ditambah kata tar Jerman, yang berarti 'lembah'. Ini pertama kali dibuktikan sebagai singkatan "ps" untuk merujuk. Dapatkan peso, yang berarti "dolar Spanyol" seperti yang dikenal di British North America. Naskah-naskah akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 ini menunjukkan bahwa s secara bertahap ditulis di atas p, sehingga kira-kira setara dengan karakter "$". 

Istilah "dolar" juga diadopsi oleh negara lain untuk mata uang yang tidak memiliki sejarah yang sama dengan dolar lainnya. Banyak dari mata uang ini diberi nama setelah beralih dari basis £ sd ke sistem mata uang desimal. Contohnya termasuk Dolar Australia, Dolar Selandia Baru, Dolar Jamaika, Dolar Kepulauan Cayman, Dolar Fiji, Dolar Namibia, Dolar Rhodesia, Dolar Zimbabwe, dan Dolar Kepulauan Solomon.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan