Bukti bahwa ia telah berhasil belajar ialah terjadinya perubahan tingkah laku pada diri seseorang ,misalnya dari yang dari awalnya tidak tau menjadi tau dan dari yang tidak mengerti menjadi mengerti. Wahidmurni,nmenjelaskan bahwaosesorang dapat dikatakan telah berhasil dalam belajar jika ia mampu menunjukkan adanya perubahan dalam dirinya. Perubahan-nperubahan tersebut di antaranya dari segi kemampuan berpikirnya, keterampilannya, atau sikapnya terhadap suatu objek.
Hasil belajar menjadi tolak ukurmkeberhasilan siswa dalam mempelajari materi yang disampaiakan oleh guru selama periode tertentu .tujuan pembelajaan dianggap pembelajaran dianggap tercapai apabila siswa memperoleh hasil belajar yang memuaskan .
hasil belajar dapat diketahui  setelah guru mengevaluasimhasil belajar siswa.
penilaian hasil belajar dibagi menjadi tiga ranah , yaitu ranah kognitif , ranah afektif ,ranah psikomotoris . ranah kognitif merupakan ranah yang paling banyak dinilai oleh para guru disekolah karena berkaitan dengan kemampuan para siswa dalam menguasai isi bahan pembelajaran.
Berdasarkan pengertian diatas tersebut maka dapat disintesiskan  bahawadhasil belajar adalah suatu penilaian  akhir dari proses pengenalan yang telah  dilakukan berulang ulang .Â
Pada dasarnya hasil belajar ini tidak akan hilang. Melainkan dia akan tersimpan selamanya. Karena hasil belajar inilah yang bisa membentuk kepribadian seorang peserta didik. Yang mana peserta didik ini ingin mencapai hasil yang lebih baik. Maka dari itu pesrta didik ini akan mengubah cara berfikir mereka.maka akan menghasilkan perilaku kerja yang lebih baik.hasil belajae siswa ini tidak hanya terlihat ketika ada tes ataupun hasil ujian saja. Melainkan bisa didapat melalui hasil observasi. kemampuan yangdinilai  dari hasil belajar ini adalah kemampuan
kognitif dengan banyak menitik beratkan kemampuanberfikir.
Tujuan hasil belajar merupakan diskripsi tentang perubahan perilaku yang diinginkan atau diskripsi tentang perubahan perilaku yang diinginkan atau deskripsi produk yang menunjukkan bahwa belajar telah  terjadi.
mFaktor Yang mempengaruhi Hasil Belajar
Beberapaffaktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar pada dasarnya adalah faktor eksternal dan internal.
a. FaktorsEksternal :Faktor  eksternal  adalah  faktor-faktor  yang terdapat diluar siswa yang berpengaruhnterhadaphhasil belajar,ffaktor eksternal terbagi menjadi dua yaitu faktor lingkungan dan faktor instrumental.
1) Â Faktor Lingkungan
nFaktor-faktor lingkungan dapat dikelompokkan menjadi dua, kelompok lingkungan alami dan lingkungan sosial. Lingkungan alami seperti keadaan suhu  yang  dapat  secara  langsung  berpengaruhnterhadap belajarosiswa.
2) Â Faktor Instrumental
Faktor instrumental terdiri dari Kurikulum ,Program,Sarana dan Fasilitas, Guru (pendidik)
b. Faktor Internal
Faktor internal ini dibedakan menjadi dua faktor yaitu, faktor fisiologis dan psikologis.