Mohon tunggu...
Finda Hawary A
Finda Hawary A Mohon Tunggu... Lainnya - Bee you self

Hidup hanya sekali ,jangan sia siakan lah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hasil Belajar, Tujuan dan Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar

24 Mei 2021   11:28 Diperbarui: 24 Mei 2021   11:54 729
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bukti bahwa ia telah berhasil belajar ialah terjadinya perubahan tingkah laku pada diri seseorang ,misalnya dari yang dari awalnya tidak tau menjadi tau dan dari yang tidak mengerti menjadi mengerti. Wahidmurni,nmenjelaskan bahwaosesorang dapat dikatakan telah berhasil dalam belajar jika ia mampu menunjukkan adanya perubahan dalam dirinya. Perubahan-nperubahan tersebut di antaranya dari segi kemampuan berpikirnya, keterampilannya, atau sikapnya terhadap suatu objek.
Hasil belajar menjadi tolak ukurmkeberhasilan siswa dalam mempelajari materi yang disampaiakan oleh guru selama periode tertentu .tujuan pembelajaan dianggap pembelajaran dianggap tercapai apabila siswa memperoleh hasil belajar yang memuaskan .

hasil belajar dapat diketahui  setelah guru mengevaluasimhasil belajar siswa.

penilaian hasil belajar dibagi menjadi tiga ranah , yaitu ranah kognitif , ranah afektif ,ranah psikomotoris . ranah kognitif merupakan ranah yang paling banyak dinilai oleh para guru disekolah karena berkaitan dengan kemampuan para siswa dalam menguasai isi bahan pembelajaran.
Berdasarkan pengertian diatas tersebut maka dapat disintesiskan  bahawadhasil belajar adalah suatu penilaian  akhir dari proses pengenalan yang telah  dilakukan berulang ulang . 

Pada dasarnya hasil belajar ini tidak akan hilang. Melainkan dia akan tersimpan selamanya. Karena hasil belajar inilah yang bisa membentuk kepribadian seorang peserta didik. Yang mana peserta didik ini ingin mencapai hasil yang lebih baik. Maka dari itu pesrta didik ini akan mengubah cara berfikir mereka.maka akan menghasilkan perilaku kerja yang lebih baik.hasil belajae siswa ini tidak hanya terlihat ketika ada tes ataupun hasil ujian saja. Melainkan bisa didapat melalui hasil observasi. kemampuan yangdinilai  dari hasil belajar ini adalah kemampuan
kognitif dengan banyak menitik beratkan kemampuanberfikir.

Tujuan hasil belajar merupakan diskripsi tentang perubahan perilaku yang diinginkan atau diskripsi tentang perubahan perilaku yang diinginkan atau deskripsi produk yang menunjukkan bahwa belajar telah  terjadi.

mFaktor Yang mempengaruhi Hasil Belajar
Beberapaffaktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar pada dasarnya adalah faktor eksternal dan internal.

a. FaktorsEksternal :Faktor  eksternal  adalah  faktor-faktor  yang terdapat diluar siswa yang berpengaruhnterhadaphhasil belajar,ffaktor eksternal terbagi menjadi dua yaitu faktor lingkungan dan faktor instrumental.
1)  Faktor Lingkungan
nFaktor-faktor lingkungan dapat dikelompokkan menjadi dua, kelompok lingkungan alami dan lingkungan sosial. Lingkungan alami seperti keadaan suhu   yang   dapat   secara   langsung   berpengaruhnterhadap belajarosiswa.
2)   Faktor Instrumental
Faktor instrumental terdiri dari Kurikulum ,Program,Sarana dan Fasilitas, Guru (pendidik)

b. Faktor Internal
Faktor internal ini dibedakan menjadi dua faktor yaitu, faktor fisiologis dan psikologis.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun