Mohon tunggu...
Finan Azka Nuzilla Hilyah
Finan Azka Nuzilla Hilyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2019.

Tengah menempuh pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik Jenjang S1.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN Tematik UPI: Wujudkan SDGs Melalui Pembuatan dan Sosialisasi Website E-Learning

7 Agustus 2022   09:10 Diperbarui: 4 September 2022   13:57 125 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto bersama Guru SMPN 37 Bandung dan Mahasiswa UPI di Aula SMPN 37 Bandung pada Jum’at (05/8/22)/Dokumentasi pribadi

BANDUNG – Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik selama satu bulan terhitung sejak 11 Juli-10 Agustus 2022. Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 37 Bandung menjadi salah satu lokasi KKN para mahasiswa. Program kerja yang diusung di SMPN 37 adalah pembuatan website pembelajaran sebagai wujud dari pembelajaran berbasis elektronik atau E-Learning. Para mahasiswa melakukan sosialisasi dan demonstrasi penggunaan website E-Learning pada Jumat, 5 Agustus 2022.

Nining Rahayu, Kepala Sekolah SMPN 37 Bandung Menyampaikan Sambutan/Dokumentasi pribadi
Nining Rahayu, Kepala Sekolah SMPN 37 Bandung Menyampaikan Sambutan/Dokumentasi pribadi

Selain guru, sosialisasi dihadiri langsung oleh Nining Rahayu, Kepala Sekolah SMPN 37 Bandung yang didampingi oleh para wakil kepala sekolah. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMPN 37 Bandung menuturkan bahwa sepanjang pandemi, sekolah juga telah melakukan pembelajaran daring. Namun sekolah belum memiliki web yang secara khusus menampilkan beragam materi dari setiap mata pelajaran. “Selama pandemi, kami juga tentu masuk ke pembelajaran digital. Tetapi, kami menggunakan Google Classroom untuk memasukkan tugas dan materi. Dengan hadirnya web rancangan para mahasiswa ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru di era digital agar kegiatan belajar mengajar lebih mudah,” pungkasnya.

KKN Tematik UPI: Wujudkan SDGs Melalui Pembuatan dan Sosialisasi Website E-Learning/Dokumentasi pribadi
KKN Tematik UPI: Wujudkan SDGs Melalui Pembuatan dan Sosialisasi Website E-Learning/Dokumentasi pribadi

Kegiatan Sosialisasi untuk Siswa Kelas 7 pada Rabu (03/8/22) dan Kamis (04/8/22) di Aula SMPN 37 Bandung/Dokumentasi pribadi
Kegiatan Sosialisasi untuk Siswa Kelas 7 pada Rabu (03/8/22) dan Kamis (04/8/22) di Aula SMPN 37 Bandung/Dokumentasi pribadi
Sosialisasi ini telah dilakukan sejak hari Rabu (03/8/22) dan Kamis (04/8/22) untuk siswa kelas 7. Para siswa berujar bahwa web pembelajaran ini amat menarik dan tidak membuat mereka jenuh membaca materi pembelajaran. “Webnya oke, bagus, nggak membosankan karena banyak gambar bergerak yang menarik, berbeda dengan materi di buku,” tutur Muhammad Ziyad, siswa kelas 7C SMPN 37 Bandung. Pembuatan website dipilih sebagai program kerja lantaran pembelajaran digital dianggap perlu untuk membantu daya serap dan kreativitas siswa di era digital ini.

“Web pembelajaran kami berbasis google site, sehingga penggunaannya membutuhkan internet dan penggunaannya lebih mudah untuk para guru. Guru dapat menambah materi menggunakan ragam visual yang menarik dengan mudah melalui google site ini. Sehingga siswa lebih tertarik untuk membaca materi pembelajaran.” Tutur Tiara Meilia, Mahasiswa UPI ketika melakukan sosialisasi.

  

Tampilan Web Pembelajaran untuk SMPN 37 Bandung Karya Mahasiswa UPI/Dokumentasi pribadi
Tampilan Web Pembelajaran untuk SMPN 37 Bandung Karya Mahasiswa UPI/Dokumentasi pribadi

Dilansir dari databoks, jumlah siswa pengguna internet terus mengalami peningkatan. Terhitung sebanyak 59,33% siswa menggunakan internet sejak tahun 2022. Angka ini mengalami peningkatan dari jumlah 33,98% pada 2016 lalu. Sehingga, media digital menjadi pilihan utama sebagai saluran informasi dan komunikasi. Berangkat dari data tersebut, para mahasiswa membawa inovasi bagi sekolah agar dapat menerapkan pembelajaran digital secara maksimal.

SDGs Melalui KKN

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya. Indonesia diharapkan mampu mencapai SDGs secara keseluruhan pada tahun 2030 mendatang.

Tentulah pendidikan menjadi landasan awal untuk mencapai peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup generasi Indonesia. Oleh karena itu, perguruan tinggi, termasuk UPI selaku penopang pendidikan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi memiliki tanggung jawab untuk membantu mewujudkan SDGs. Melalui program Kuliah Kerja Nyata, UPI turut menjalankan salah satu Tri Dharma, yakni Pengabdian Pada Masyarakat yang berbasis SDGs. UPI melebur tema KKN mahasiswa berdasarkan pada 17 tujuan SDGs. Tujuan-tujuan tersebut antara lain, (1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Air Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur; (10) Berkurangnya Kesenjangan; (11) Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; (17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan