Mohon tunggu...
Fina Lestari
Fina Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Sultan Syarif Kasim Riau, Prodi Administrasi Negara

Not a good person, but trying to be better

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Kabupaten Kepulauan Meranti: Pelayanan Administrasi Prima Menuju Good Governance

19 Desember 2022   10:10 Diperbarui: 2 Januari 2023   14:21 278
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Pelayanan ialah sebuah kegiatan yang mempunyai peranan sangat penting dalam tercapainya tujuan Dari berbagai atau  setiap organisasi.  Organisasi publik wajib melakukan tugasnya sebaik mungkin karna Pelayanan berkewajiban untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan (masyarakat).

Organisasi publik berkewajiban untuk memberikan pelayanan sangat baik kepada pelanggan (masyarakat) sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik lndonesia nomor sembilan puluh enam (96)  tahun 2012 tentang pelaksanaan Undang-Undang Nomor Dua Puluh Lima (25) Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik menyebutkan bahwa pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif akan disediakan oleh penyelenggara pelayanan.

Pelayanan prima merupakan salah satu faktor tentunya bisa mempengaruhi pelayanan dalam hubungan dalam  hubungan atau keterkaitan dengan kepuasan pelanggan (masyarakat). 

Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan Kabuputen/Kota yang berada di dekat pesisir Selat Malaka dengan Ibukota nya Selatpanjang sekaligus Kabupaten Termuda di Provinsi Riau yang terdiri dari beberapa pulau.

Terkait Sistem pemerintahan Di Kabupaten kepulauan meranti yaitu tentang Sistem Pelayanan Publik untuk saat ini Jauh Dari kata Pelayanan Administrasi Prima. 

Mengapa Demikian? 

Dengan kata lain pelayan prima merupakan suatu pelayanan untuk memenuhi standar kualitas yang sudah ditentukan sehingga pelanggan menjadi puas terhadap pelayanan untuk diberikan.  
Pentingnya penjaminan ketersediaan dan kualitas pelayanan publik yang dberikan oleh pemerintah memiliki dampak sangat signifikan. Karena tujuan utama Dari adanya pelayanan prima ialah kepuasan masyarakat. Kepuasan ini bisa terwujud jika pelayanan tersebut bisa diberikan sesuai dengan standar pelayanan yang telah  ditetapkan.

Berjalan lebih Dari separuh  jabatan Bupati yakni Bpk H. M Adil, Ia menyampaikan Visi dan Misi nya yaitu salah satunya dengan Program "Pelayanan Administrasi Prima pmudah, cepat, tepat dan akurat satu hari siap" Hal ini banyak di pertanyakan.

 Terealisasikah Program tersebut?


Menimbang masih banyak sekali  keluhan masyarakat terhadap masalah tersebut. Menurut nya (Masyarakat) Proses Birokrasi semakin rumit, Sejumlah masyarakat keluhkan ragam masalah terhadap apa yang terjadi pada pelayanan publik Mulai Dari Persyaratan Berbelit- belit,  waktu pelayanan sangat lambat, bahkan pelayanan sangat  tidak responsif menjadi masalah terbesar dalam pelayanan publik. Reformasi birokrasi inipun  tak kunjung meningkatkan kualitas pelayanan publik. Hal ini  Akan berdampak atau membuat pemerintahan kehilangan kredibilitasnya.

Solusi yang mungkin dapat di lakukan dalam permasalahan ini bisa dimulai Dari peningkatan  tenaga kerja di intstansi seperti lebih profesional, dan ahli di bidangnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun