Fina Atifatul Husna
Fina Atifatul Husna Pelajar

Semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk orang lain

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Detektif Sekolah

13 Februari 2018   23:32 Diperbarui: 14 Februari 2018   09:06 622 8 0

Siapakah yang sering dijuluki sebagai detektif sekolah? Apakah guru Bimbingan Konseling itu sering disebut sebagai detektif sekolah atau polisi sekolah? Sebelumnya kita harus mengetahui dahulu apa pengertian dari Bimbingan Konseling dan apa arti polisi sekolah. Bimbingan dan konseling itu terdiri dari dua unsur yang berbeda dan kemudian disatukan. Sering orang menganggap guru BK itu sama seperti guru yang lainya, sama sama mengajar dikelas. 

Akan tetapi hakikatnya berbeda, tugas seorang guru BK itu jauh lebih berat. Guru BK mempunyai peran penting dalam mengawasi perilaku siswa disekolah, dan sering mendapat julukan sebagai detektif sekolah karena dengan kesibukkannya  selalu mengawasi perilaku siswa. 

Selain mengawasi siswa guru BK juga harus membimbing siswa agar taat dengan aturan sekolah, biasanya guru BK sering ditakuti oleh siswa karena terkadang hanya menjalankan tugasnya dengan semaunya memberikan siswa tersebut hukuman tanpa memberikan bimbingan. Karena sebab itulah guru BK dianggap juga seperti polisi sekolah.

Seorang guru BK harus siap menangani masalah siswa yang ada disekolah, seperti masalah yang terdapat pada nilai seorang siswa, jika seorang siswa pada semester pertama dia mendapatkan nilai yang bagus akan tetapi pada semester kedua dia mendapatkan nilai yang turun maka tugas seorang guru BK adalah menelusuri masalah apa yang terjadi pada siswa sampai menjadikan siswa itu nilainya turun, dan bisa jadi disebabkan karena siswa tersebut tidak menyukai mata pelajaran itu. 

Tugas seorang guru BK tidak hanya itu akan tetapi juga melaporkan hasil raport perkembangan siswa setiap bulannya kepada orang tua siswa. Lalu apakah guru BK sudah melakukan hal tersebut? Justru yang banyak melakukan hal tersebut bukanlah guru BK akan tetapi adalah guru PAUD. Guru PAUD setiap bulannya mereka melaporkan hasil perkembangan anak didiknya kepada orang tua anak, tugas guru PAUD hampir sama dengan guru BK yaitu selalu menulusuri sebab perkembangan anak didiknya. Bahkan sebagian orang berpendapat bahwa seorang guru PAUD itu mempunyai tugas lebih berat dari pada guru BK.

Jadi, menurut kalian apakah penting seorang detektif sekolah itu? Mungkin jika tanpa adanya detektif sekolah atau guru BK banyak siswa yang tidak disiplin, kemudian siapa yang akan mengatasi masalah siswa disekolahan tanpa adanya guru BK. Jangan menganggap guru BK itu guru yang remeh. Jika timbul masalah pada siswa sedangkan guru BK ikut terlibat didalamnya maka masalah tersebut akan cepat teratasi, karena tugas BK menyelidiki masalah masalah yang terjadi pada siswa. 

Lalu bagaimana jika terdapat guru BK yang tidak mempunyai sifat peduli dengan masalah siswa. Sesungguhnya guru BK yang seperti itu terkadang guru tersebut tidak lulusan dari jurusan bimbingan dan konseling, akan tetapi  lulusan dari jurusan agama atau jurusan lain dan diangkat sebagai guru BK, atau bisa juga disebabkan oleh faktor lain yaitu jumlah guru BK tidak sebanding dengan siswanya.