1.1 Penelitian Terdahulu
Mencari informasi mengenai penelitian tentang pojok literasi yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.
1.2 Latar Belakang Masalah
Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menemukan banyaknya siswa yang kurang berminat dalam belajar maupun membaca. Hal tersebut tentu mempengaruhi kesiapan siswa dalam belajar yang membuat kurangnya konsentrasi, nilai semakin menurun hingga sifat kemalasan semakin meninggi. Dan dengan seiring berkembangnya teknologi membuat minat membaca buku menjadi menurun ditambah faktor lainnya, yakni metode pembelajaran yang diberikan kepada siswa kurang bahkan tidak menyenangkan. Â Masalah literasi di Indonesia pun akhirnya menjadi sangat kompleks, dengan banyak faktor yang saling berinteraksi. Rendahnya minat baca, ketimpangan kualitas pendidikan, keterbatasan akses sumber daya, serta kurangnya perhatian terhadap pengajaran literasi yang efektif menjadi tantangan besar dalam meningkatkan kemampuan literasi di kalangan siswa. Akhirnya, hal tersebut pun menjadi perhatian bagi pemerintahan di Indonesia. Oleh karena itu, Pemerintah sedang mengupayakan perbaikan dalam dunia pendidikan saat ini.
1.3 Rumusan Masalah
1. Bagaimana pengaruh pojok literasi terhadap minat membaca siswa di SMAK Santo Fransiskus Assisi Samarinda?
2. Mengapa harus diadakan program Pojok literasi di sekolah?
1.4 Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan diadakannya penelitian tentang pengaruh pojok literasi adalah:
A. Untuk mengetahui pengaruh pojok literasi terhadap minat membaca para siswa
B. Untuk mengetahui dampak dari program pojok literasi