Mohon tunggu...
Fila Fariha N
Fila Fariha N Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya memiliki antusias dalam hal kesehatan dan berbagai isu" yang sedang hangat diperbicangkan, baik itu sosial, ekonomi, maupun budaya. Saya adalah mahasiswa kedokteran yang senang menulis berbagai hal.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tim PMM UM Kelompok 64 Gelombang 9, Bangun Kesadaran Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sejak Dini

7 Oktober 2022   17:21 Diperbarui: 7 Oktober 2022   17:23 107 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tim PMM UM Kelompok 64 Gelombang 9, Bangun Kesadaran Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sejak Dini

Pengabdian kepada masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dengan tema bhaktimu negeri kelompok 64 gelombang 9, beranggotakan lima mahasiswa dari program studi Pendidikan Dokter. Anggota dari kelompok tersebut yakni Salsabila Indrasari, Moch. Primus Cesar Pratama , Fery Adriansyah Dwi Prasetyo, Fila Fariha Nafakhna, dan Dyatmika Syifa Kirana, yang dibimbing oleh Rizal Dian Azmi, M.Sc.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 22 Agustus-22 September 2022 di SD Negeri Darungan 01, Jl. Banteng Blorok, Besole, Darungan,Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sejak dini, terlebih pada anak di usia sekolah dasar. Upaya PHBS adalah salah satu upaya preventif untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit," ujar Salasabila Indrasari, selaku Koordinator kelompok 64 PMM UMM gelombang 9 tersebut

Dijelaskan mahasiswi kedokteran tersebut, bahwa program utama mereka juga dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan tentang perilaku hidup bersih dan sehat secara kreatif dan interaktif.

Kegiatan tersebut dilakukan terutama pada siswa kelas 3-6 dalam usia perkembangan dari anak-anak menuju remaja.

Kemudian kegiatan yang dilakukan berupa penjelasan yang menjelaskan tentang pengertian dan langkah langkah tindakan PHBS, seperti cara mencuci tangan, sikat gigi dengan benar, pola makan dan minum, hygiene menstruasi, serta kiat-kiat menjaga kebersihan lingkungan dan kamar mandi.

Setelah penjelasan tersebut, para siswa/siswi  memperagakan atau mengaplikasikan hal-hal tersebut secara mandiri dengan pengawasan dari kelompok 64 PMM UMM gelombang 9 tersebut.

Selain itu, pada kegiatan kali ini terdapat acara lomba mewarnai dengan tema Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang diikuti oleh siswa kelas 3 dan 4. Pada perlombaan tersebut, kami memberikan apresiasi kepada tiga orang pemenang tersebut berupa hadiah kecil agar mereka semakin semangat dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Kegiatan ini memberikan kesan bagi para siswa agar semakin giat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dimana pun mereka berada, agar senantiasa terjaga kesehatannya dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Sementara di satu sisi, Fila Fariha Nafakhna, salah satu anggota tim tersebut juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut untuk membantu terciptanya masyarakat sehat serta meminimalkan risiko penyakit sejak usia dini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan