Mohon tunggu...
Fiky Hanaunnadiya
Fiky Hanaunnadiya Mohon Tunggu... Fiky Hanaunnadiya

Semoga Bermanfaat :)

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

KKN-T COVID-19 UPGRIS: Lakukan Peninjauan Masyarakat dan Penyaluran New Normal KIT dalam Upaya Penanggulangan Covid-19

16 September 2020   20:30 Diperbarui: 17 September 2020   08:15 28 1 0 Mohon Tunggu...

Jepara, 16 September 2020

Di tengah masa Pandemi Covid-19 saat ini, Universitas PGRI Semarang mengadakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) yang bekerja sama dengan Ditjen Dikti Kemdikbud, Badan Penanggulangan Bencana (BNBP), Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI), Asosiasi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), dan Kementrian Kesehatan (Kemenkes). KKN-T ini sudah berlangsung sejak 17 Agustus sampai pada 17 September 2020.

Fiky Hanaunnadiya (19) Mahasiswi Semester 7 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, turut serta mengikuti program KKN-T ini. Di bawah bimbingan Wawan Priyanto, S.Pd., M.Pd. sebagai Dosen Pembimbing Lapangan. Dalam KKN-T ini mengambil tema Covid-19 Luring.

Membentuk beberapa program kerja yang terkait dengan upaya penanggulangan Covid-19. Salah satu program kerja yang di lakukan yaitu peninjauan terhadap masyarakat terkait dengan resiko terpapar Covid-19. Peninjauan ini dilakukan kepada warga Desa RT 04 RW 04 Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara sebanyak 10 Rumah terdekat. 

Dalam peninjauan ini dilakukan melalui pengisian angket yang kemudian akan di input oleh mahasiswa ke dalam aplikasi inarisk, kemudian secara otomatis akan terdeteksi apakah beresiko tinggi, sedang, maupun rendah. Peninjauan ini bukan hanya di peruntukkan kepada masyarakat tetapi juga mahasiswa melakukan peninjauan terhadap desa terkait dengan Desa Tanggap Covid yang akan di wakili oleh Kepala Desa atau Staf Desa.

Bukan hanya kegiatan peninjauan masyarakat, mahasiswa KKN-T juga membagikan paket New Normal Kit yang berisi Hand Sanitizer, Masker, dan Vitamin-C. Penyaluran New Normal Kit ini sendiri bertujuan untuk mengedukasi kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokol Kesehatan dan menjaga pola hidup sehat di tengah pendemi yang kami hadapi saat ini.

"Dalam pelaksanaannya program kerja ini kami sebelumnya sudah berkoodinasi dengan pihak desa, tentang bagaimana kegiatan peninjauan ini berlangsung," tutur Fiky.

"Saya berharap dengan adanya kegiatan peninjauan sekaligus penyaluran New Normal Kit ini dapat bermanfaat bagi masyarakat maupun desa, serta saya berharap masyarakat akan teredukasi dengan adanya kegiatan ini untuk selalu waspada dalam penularan Covid-19." Pungkasnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x