Mohon tunggu...
Fikri Zakia Qoimul Haq
Fikri Zakia Qoimul Haq Mohon Tunggu... Guru - Pendidik, Konsultan Pendidikan, Parenting

Jadilah manusia yang bermanfaat untuk ummat. Ingin hubungi penulis? email : fikri.players@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

9 Kiat Sukses Menjadi Mahasiswa Baru

15 September 2022   06:00 Diperbarui: 15 September 2022   06:15 86 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
blog.gamatechno.com

Media sosial sedang ramai dan marak pengenalan kampus yang dilakukan oleh universitas untuk mahasiswa barunya. Diberbagai penjuru Indonesia seakan-akan semua universitas melakukan secara serempak. 

Para calon sarjana mengikuti pengenalan kamus dengan semangat membara. Ini nampak dari rasa senang mereka yang akhirnya akan menjajaki pendidikan tinggi.

Tapi banyak juga yang bingung dan bertanya-tanya, bagaimana nanti dalam proses perkuliahan? bagaimana belajarnya? bagaimana bisa sukses studi dan pertanyaan-pertanyaan yang terngiang-ngiang di kepala mahasiswa baru. 

Dibawah ini adalah kiat-kiat bagi mahasiswa baru agar sukses di perkuliahan dan sukses ketika nanti telah menjadi sarjana. Yuk simak dengan baik dan seksama.

1. Niat

Motif masuk dalam dunia perkuliahan masing-masing orang bisa berbeda. Tentunya sesuai dengan kapasitas dan motivasi mahasiswa tersebut. Maka perbaiki niatmu masuk dalam dunia perkuliahan. Jangan sampai kuliah ini hanya sebagai ajang kamu main-main, tapi seriuslah niscaya setelah nanti jadi sarjana kamu akan bangga dengan dirimu sendiri.

2. Pengenalan kampus jadi ajang adaptasi

Gunakan waktu pengenalan kampus sebagai ajang untuk adaptasi kepada dunia kampus dan seisinya. Dunia kampus tentu sangat berbeda dengan dunia sekolah menengah, maka jadikanlah dirimu agar dapat beradaptasi dengan cepat. Sehingga ketika masuk dalam perkuliahan kamu tidak akan kaget dengan hal-hal asing yang belum pernah kamu temui sebelumnya.

3. Tentukan cara belajarmu

Perkuliahan mengajarkan kita untuk belajar mandiri. Semua yang berhubungan dengan dirimu sendiri yang mengurus adalah dirimu sendiri. Ini akan menjadi challange tersendiri buat kamu yang mahasiswa baru. Termasuk didalamnya adalah tentang cara belajar. Tentukan dan temukan cara belajar yang efektif dan efisien untuk dirimu. Karena setiap orang memiliki kemampuan dan kapasitas yang berbeda, sehingga dalam hal cara belajar juga berbeda-beda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan