Mohon tunggu...
Fikri Ramadhan
Fikri Ramadhan Mohon Tunggu... Administrasi - mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI: Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Minat Literasi Baca Tulis dan Belajar Anak

26 September 2021   22:56 Diperbarui: 26 September 2021   23:00 77 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik UPI: Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Minat Literasi Baca Tulis dan Belajar Anak
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa orang tua memiliki andil yang sangat besar dalam kemampuan pendidikan anaknya. Salah satunya penelitian yang dilakukan Valeza (2017) dimana penelitian ini menunjukkan peran orang tua dalam menentukan prestasi belajar siswa sangatlah besar. dalam hal menumbuhkan minat anak terhadap literasi baca tulis pun peran orang tua juga sangat dibutuhkan apalagi saat ini pandemi covid-19 masih berlanjut. Pendidikan dan pendampingan pada anak yang kurang dapat menyebabkan anak atau peserta didik kurang baik dalam menyerap ilmu atau bahkan tidak berhasil dalam belajarnya. Sebaliknya, orang tua yang selalu pro aktif memberi perhatian, pendampingan dan pengarahan pada kegiatan belajar anaknya, menjadikan anak lebih giat dan lebih bersemangat dalam belajar karena ia tahu bahwa bukan dirinya sendiri saja yang berkeinginan untuk maju, akan tetapi orang tuanya juga memiliki keinginan yang sama. Sehingga hasil belajar atau prestasi belajar yang diraih oleh siswa menjadi lebih baik. Dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) guru dan pendidik lainnya mencoba untuk memanfaatkan ilmu teknologi untuk menyikapi masalah pembelajaran jarak jauh dengan cara memberikan materi serta tugas pelajaran melalui online. Namun hal tersebut tidaklah selalu berjalan dengan baik dalam prosesnya, terdapat banyak kendala yang muncul saat pelaksanaannya, seperti permasalahan jaringan internet, kuota dan sinyal yang tak memadai, beberapa anak atau peserta didik tidak memiliki kesiapan hardware seperti tidak adanya handphone, laptop, komputer. Hal hal ini mengakibatkan materi pembelajaran tidak tersampaikan dengan maksimal, dan banyak peserta didik menjadi sulit dalam mempelajari, memahami dan merasa tidak terbimbing dengan baik dalam memahami pelajaran di sekolah. Disinilah peran keluarga atau orang tua menjadi krusial dan sangat penting. Terdapat beberapa tips yang saya rangkum dari beberapa artikel cara untuk menumbuhkan literasi pada anak, yaitu:

1. Membiasakan membaca dari rumah, apalagi saat ini orang tua yang sedang melakukan WFH memiliki banyak waktu dirumah bersama anak. jadikan momen ini untuk membiasakan anak untuk membaca
2. Beri motivasi pada anak untuk membaca, yaitu orang tua dapat memberikan semangat serta dukungan kepada anaknya dalam melaksanakan leterasi baca tulis, sehingga anak memiliki semangat untuk belajar, serta memperoleh prestasi yang baik.
4. Biasakan memberi hadiah buku, dengan demikian si anak akan semakin gemar untuk membaca
5. Ajak anak menulis buku harian, dengan demikian si anak akan semakin gemar untuk menulis

Dari semua itu  yang paling terpenting adalah peran dari kedua orang tua tersendiri, jika orang tua sudah membiasakan membaca buku dirumah bahkan menyediakan perpustakaan mini dirumah, tentu anak akan meniru dan juga tertarik untuk membaca. Jadi,buat para orangtua mari kita biasakan anak anak untuk berliterasi sejak dini.

Oleh: Fikri Ramadhan

Kelompok 14 KKN Tematik UPI

Dosen Pembimbing lapangan: Risris Hari Nugraha, M.Hum.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan